Analisis pertentangan kelas sosial dalam Drama Korea The Glory menurut perspektif Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Ananda Kurnia Wulan (2024) Analisis pertentangan kelas sosial dalam Drama Korea The Glory menurut perspektif Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Kurnia Wulan Fitri_10020320036 ok.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ananda Kurnia Wulan Fitri_10020320036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang analisis Drama Korea. Dimana ia berguna sebagai media hiburan untuk merefleksikan realitas sosial melalui karakter dan alur ceritanya, salah satunya tentang pertentangan kelas sosial yang masih dianggap penting dalam masyarakat. Menggunakan metodologi penelitian kualitatif, peneliti dapat mengungkapkan secara mendalam tentang pertentangan kelas sosial dalam Drama Korea. Penelitian ini juga menggunakan metode pendekatan sosiologi sastra untuk menganalisis representasinya terhadap masyarakat Korea selatan. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menganalisis pertentangan kelas sosial yang terdapat pada Drama Korea “The Glory” menurut Bourdieu. Mencari penyebab terjadinya pertentangan kelas sosial, dampak akibat pertentangan kelas sosial, dan repersentasinya terhadap masyarakat Korea Selatan. Dari hasil penelitian ini ditemukan salah satu bentuk pertentangan kelas sosial yang terjadi dalam sebuah arena seperti yang disebutkan dalam teori Bourdieu dalam Drama Korea “The Glory” yaitu perundungan. Dengan cara melakukan perundungan, salah satu kelas sosial tertentu dapat mempertahankan status kelas sosialnya. Disamping itu, ditemukan bahwa Drama Korea dapat menunjukkan realitas sosial pada zamannya. Salah satunya dapat ditemukan dalam adegan-adegan dalam Drama Korea "The Glory", di mana setiap adegan menunjukkan bagaimana kelas sosial sangat mempengaruhi kehidupan individu. Adegan-adegan tersebut kemudian selaras dengan bagaimana kelas sosial selalu terkait dan hidup berdampingan dengan masyarakat Korea Selatan. Terbukti dengan banyaknya kasus-kasus perundungan atau bullying masih menjadi masalah serius di masyarakat Korea Selatan hingga saat ini. Kasus perundungan di masyarakat Korea Selatan mayoritas terjadi pada masa-masa sekolah baik sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Ananda Kurnia Wulananandakurniaw.f@gmail.com10020320036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Remaja, Gaya hidup
Patologi Sosial
Hak Asasi Manusia
Keywords: Drama Korea; pertentangan kelas sosial; Bourdieu
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ananda Kurnia Wulan Fitri
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:33
Last Modified: 22 Mar 2024 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69169

Actions (login required)

View Item View Item