MAKNA PESAN DAKWAH DALAM IKLAN PERTAMINA RAMADHAN JOGJA 2013: ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhel, fahmi Muhammad (2014) MAKNA PESAN DAKWAH DALAM IKLAN PERTAMINA RAMADHAN JOGJA 2013: ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana makna pesan dakwah yang ada pada iklan Pertamina Ramadhan Jogja 2013. Adapun tujuannya, peneliti ingin mengetahui makna pesan dakwah yang ada pada iklan Pertamina Ramadhan Jogja 2013.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif non kancah. Peneliti kemudian melakukan observasi dan dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes.
Penyajian data dianalisis sesuai dengan rumusan atau model Roland Barthes dengan menekankan interaksi antara teks dengan pengalaman personal dan cultural penggunaannya, interaksi antara konvensi dalam teks dengan konvensi yang dialami dan diharapkan oleh penggunanya. Teori Barthes merupakan penerus pemikiran Saussure dengan mengembangkan pembedaan penanda dan petanda ke arah yang lebih dinamis.
Dari hasil penelitian ini ditemukan makna pesan dakwah yang ada dalam Iklan Pertamina Ramadhan Jogja 2013 adalah bahwa seorang pria sebagai pemimpin dalam keluarga haruslah bisa menjadi contoh yang baik, terutama bagi anak-anaknya, sehingga sang anak dapat menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua.
Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, penelitian ini masih belum menjawab seberapa jauh peran iklan Pertamina Ramadhan Jogja 2013 dalam kehidupan sehari-hari. Kiranya masalah ini dapat dijadikan masalah penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yusuf Amrozi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhel, fahmi MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Keywords: Iklan; Pesan Dakwah; Analisis Semotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2015 08:08
Last Modified: 04 Feb 2015 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item