DIRASAH MUQARANAH AN MADKHAL AL TA'LIM AL NAHWA FI AL KITAB AL IMRITHI WA KITAB MU'JAM QAWAID AL LUGHAH AL ARABIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyah, Lilis Ni'matul (2009) DIRASAH MUQARANAH AN MADKHAL AL TA'LIM AL NAHWA FI AL KITAB AL IMRITHI WA KITAB MU'JAM QAWAID AL LUGHAH AL ARABIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Studi Perbandingan tentang pendekatan pengajaran nahwu antara kitab Imrithy dan kitab Mu’jam Qowa’idul Lughoh Al ‘arobiyah.
Terpilihnya judul tersebut berdasarkan atas kenyataan bahwasanya Nahwu merupakan materi dari materi-materi pembelajaran yang diajarkan dalam pelajaran bahasa Arab dan juga materi yang paling penting dalam bahasa arab.
Adapun berhasil tidaknya pembelajaran itu tergantung pada berbagai macam sebab diantaranya pendekatan yang digunakan.
Begitu juga dalam pembelajaran Nahwu. Pendekatan pembelajaran Nahwu yang digunakan dalam berbagai kitab itu berbeda antara satu dengan yang lain.
Atas dasar pemasalahan diatas, maka tujuan penulisan skripsi, penulis ingin mengetahui perbandingan antara metode pengajaran yang digunakan dalam kitab Nahwu Imrithy dan kitab Mu’jam Qowaidul Lughoh Al Arobiyah.
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Karena penelitian ini literer maka untuk pengumpulan data peneliti menggunakan kajian pustaka dari berbagai macam buku yang sesuai dengan judul skripsi ini.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode content analysis, karena yang dibandingkan 2 kitab, maka peneliti jua menggunakan metode perbandingan untuk membandingakan antara kedua kitab tersebut dari segi uslub dan pendekatannya.
Adapun hasil dari penulisan skripsi ini yaitu adanya perbandingan antara kedua kitab tersebut dari segi uslub dan madkholnya. Dari segi uslub yang digunakan dalam kitab Imrithy yaitu penyampaian materinya dimulai dari qowaid yang berbentuk nadhom kemudian penjelasannya secara global kemudian contoh. Dari segi madkhol yang digunakan dalam kitab ini menggunakan madkhol qiyasiyah (pendekatan deduktif).
Sedangkan dalam kitab Mu'jam Qowaidul Lughoh Al Arobiyah,
penyampaian materinya berbentuk peta-peta atau diagram. Dalam diagram tersebut sudah tercantum pengertian serta contoh-contoh dan penyampaiannya ringkas dan jelas tidak terlalu rumit, sehingga mudah dipahami. Dari segi madkhol yang digunakan dalam kitab ini adalah madkhol technique (pendekatan tehnik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyah, Lilis Ni'matulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Metode Pembelajaran; Nahwu; Pendekatan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item