This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aziz, Yunan Abdul (2010) Profesionalisme guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Asyari Kundi Waru. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Yunan Abdul Aziz_D51206383.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (28kB) | Preview |
Abstract
Dunia pendidikan negeri kita saat ini dalam kondisi yang mengenaskan, ini semua dikarenakan banyaknya problematika yang dihadapi bagaikan benang kusut, sehingga sangat sulit untuk diurai dari mana harus memperbaikinya. Pertama kali yang harus di selesaikan adalah masalah profesionalisme guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Guru merupakan unsur penting dalam pendidikan. Guru, peserta didik dan tujuan pendidikan merupakan komponen penting pendidikan. Ketiganya membentuk triangle, yang jika hilang salah satunya, hilang pulalah hakikat pendidikan.
Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah sebagai berikut Bagaimana profesionalisme guru agama di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo, dan bagaimana upaya profesionalisme guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo.
Dari perumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan mendiskripsikan profesionalisme guru agama di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo, prestasi belajar siswa di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo, dan upaya profesionalisme guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo.
Penelitian dilakukan di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview. Kemudian data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan bahwasannya Guru agama di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo memiliki profesionalisme yang cukup baik karena sudah sesuai dengan kriteria profesionalisme dalam idealisme kependidikan yang mana hal ini mencakup tiga poin penting, yaitu : profesionalisme guru agama. Kompetensi guru agama dan peran guru agama.
Dari beberapa kriteria tersebut di atas terdapat 80 % responden telah memenuhi kriteria profesionalisme guru agama dalam idealisme kependidikan. Hasil prestasi belajar pendidikan agama islam di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo dinyatakan baik Upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di MI Al-Asy'ari Kundi Waru Sidoarjo adalah: mengadakan persiapan mengajar, memberikan motivasi belajar, menggunakan metode mengajar yang tepat dan bervariasi serta berusaha mengadakan peningkatan diri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Guru | ||||||||
Keywords: | Profesionalisme guru; guru agama; prestasi belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2022 05:27 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8273 |
Actions (login required)
View Item |