Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baroroh, Okta Imroatul (2011) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik, dan adakah pengaruh tentang Profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun gresik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik yang berjumlah 159, selanjutnya karena populasinya cukup besar maka penulis dalam penelitian ini menggunakan sample random atau acak yaitu mengambil sampel 20% dari jumlah siswa kelas VIII MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik maka jumlah sampelnya adalah 30 siswa. Setelah penelitian ini di lakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Profesionalisme guru di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik dikategorikan baik berdasarkan hasil observasi kelas yang menunjukkan pada skor 3,68 (kategori baik) Rata-rata (mean) Profesionalisme Guru (dengan jumlah data (N) 30 responden) adalah 42.9333 dengan standart deviasi 1.72073. 2). Berdasarkan perhitungan rata-rata (mean) Hasil belajar siswa di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik di kategorikan baik karena hasil belajar (dengan jumlah data (N) 30 responden) adalah 8.6667dengan standart devisi .47946. 3). Ada pengaruh antara Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik karena dari perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai diperoleh besarnya korelasi 0,557, dengan signifikan 0,001 , karena signifikan 0,05, maka Ho ditolak, yang berarti Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan harga koefesien korelasi yang positif yaitu, 0,557, maka arah hubungannya adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi profesionalisme guru maka akan diikuti oleh semakin tinggi/ sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dan sebaliknya . Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baroroh, Okta Imroatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Profesionalisme Guru; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2011
Last Modified: 26 Jun 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8799

Actions (login required)

View Item View Item