PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together (NHT) SISWA KELAS V MI BINA BANGSA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rukaya, Rukaya (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together (NHT) SISWA KELAS V MI BINA BANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi pembelajara siswa kelas V dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) di MI Bina Bangsa Surabaya.
Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan guru kelas V MI Bina Bangsa Surabaya sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Bina Bangsa Surabaya yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk hasil tes dan analisis deskripsi kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Bina Bangsa Surabaya.
Pada tahap awal sebelum pelaksanaan tindakan dari 25 siswa kelas V MI Bina Bangsa Surabaya yang dinyatakan telah memenuhi syarat ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa atau 20% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 20 siswa atau 80% dengan nilai rata-rata kelas 58,4. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I sebanyak 16 siswa atau sebesar 64% dinyatakan tuntas belajar dengan nilai ratarata kelas 66,2 sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 36%. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II sebanyak 23 siswa atau 98% siswa telah memenuhi syarat ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 siswa atau 2% siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,84.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rukaya, RukayaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:06
Last Modified: 02 Feb 2015 10:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item