PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS DI KELAS VIII SMP YAYASAN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Moh. Miftachul (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS DI KELAS VIII SMP YAYASAN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana keterlaksanaan RPP selama berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME pada materi luas permukaan dan volume limas, bagaimana aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME pada materi luas permukaan dan volume limas, bagaimana hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan pendekatan RME pada materi luas permukaan dan volume limas, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan RME pada materi luas permukaan dan volume limas di kelas VIII A SMP Yayasan Taman.
Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti membuat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS sebagai acuan dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran dengan pendekatan RME. Adapun instrument pada penelitian ini yaitu: (1)Lembar pengamatan Keterlaksanaan RPP untuk pembelajaran Matematika dengan Pendekatan RME yang digunakan untuk mengamati Keterlaksanaan RPP yang dilakukan oleh guru dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat dan disepakati, (2) Lembar pengamatan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berlangsung, (3) Soal tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap pokok bahasan luas permukaan dan volume limas, (4) Lembar angket respon yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan RME yang diterapkan pada pokok bahasan luas permukaan dan volume limas.
Kesimpulan dari rangkaian kegiatan diatas dapat diperoleh dengan data yang telah dikumpulkan peneliti yaitu : (1) Keterlaksanaan RPP kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan RME secara umum dalam kategori baik dengan skor 3,33. (2) Aktivitas siswa aktif setelah dirata-rata pada pertemuan I dan pertemuan II adalah sebesar 91,67% karena aktifitas aktif 75 % dari pada aktivitas pasif berarti aktivitas yang dilakukan siswa tergolong aktivitas aktif atau pembelajaran yang telah dilakukan mampu merangsang siswa untuk beraktivitas aktif belajar di kelas. (3) Hasil tes belajar Siswa Kelas VIII SMP Yayasan Taman tuntas dalam pembelajaran ini baik secara individu maupun klasikal karena 91,89% dinyatakan tuntas.. (4) pada respon siswa jawaban pertanyaan nomer 1 sampai 6 dengan nilai ≥ 85 %. Dengan demikian hampir seluruh siswa memberikan respon dan sambutan sangat positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan RME pada materi luas permukaan dan volume limas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Moh. MiftachulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Realistic Mathematic Education; RME
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 02 Mar 2015 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9362

Actions (login required)

View Item View Item