This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Damayanti, Sari (2013) PELAKSANAAN TEKNIK HOMEROOM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMA GIKI 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana mengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang mana kecerdasan interpersonal termasuk dalam 8 multiple inteligences dipelopori oleh Howerd Gardner. Motivasi yang kuat dan pengajaran yang bagus bisa membantu meningkatkan ranah-ranah kecerdasan yang lemah, putusan harus diambil antara menghabiskan waktu mengembangkan kekuatan-kekuatan seseorang atau memperbaiki kelemahan-kelemahan, sedangkan pengembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, dan juga merupakan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks. Pengembangan kecerdasan interpersonal dilakukan karena pada saat ini hubungan sosial siswa sudah sangat rendah siswa lebih cenderung individualis, sudah jarang ditemukan lagi kerja sama antara siswa oleh sebab itu peneliti melakukan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui teknik Homeroom yang dilakukan di Kelas X.1 SMA GIKI 2 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dalam hal ini peneliti memberikan tes skala kecerddasan interpersonal setelah itu melakukan teknik Homeroom yang diisi dengan permainan berupa pengembangan kecerdasan interpersonal
Berdasarkan dari penelitian ini adalah adanya respon baik terhadap pengembangan kecerdasan siswa melalui teknik Homeroom, sebelum dilaksanakannya teknik Homeroom siswa lebih memilih bersama teman satu kelomponya saja, apabila dikumpulkan dengan kelompok yang lain/ tempat yang lain siswa enggan untuk berinteraksi, siswa memilih untuk mutup diri, hasil ini diperoleh dari instrumen sebelum melakukan teknik Homeroom berupa menulis teman dekatnya. Sedangkan setelah melakukan teknik Homeroom siswa bisa lebih terbuka dengan teman yang lain mereka saling memberi umpan balik seperti ketika siswa saling shering tentang dirinya yakni menilai sifat positif dan negatif pada dirinya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Teknik Homeroom; Kecerdasan Interpersonal | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2013 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2015 04:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10346 |
Actions (login required)
View Item |