PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Nurul (2013) PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL BANAT SEPANJANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran Matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat yang dilakukan oleh guru. Dalam hasil pembelajaran diketahui masih banyak siswa yang kurang bisa menghitung penjumlahan bilangan bulat, sehingga banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. Untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan tersebut peneliti mengambil tindakan untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media Garis Bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan penggunaan media Garis Bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat mata pelajaran matematika Kelas IV MI Roudlotul Banat Sepanjang?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Garis Bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat mata pelajaran matematika Kelas IV MI Roudlotul Banat Sepanjang?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang dalam setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penggunaan media Garis Bilangan pada materi penjumlahan bilangan bulat di Kelas IV berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 81,30% dan pada siklus II sebesar 93,96% dan hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 77,27% dan pada siklus II sebesar 89,13%. 2)Terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media Garis Bilangan siswa Kelas IV MI Roudlotul Banat Sepanjang, peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan perolehan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,6 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70,83%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,33 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 91,67%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chairati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Media Garis Bilangan; Hasil Belajar;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2013
Last Modified: 17 Apr 2015 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item