PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI NURUR RAHMAH SAMBIRAMPAK LOR KOTAANYAR PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Kurniawati (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI NURUR RAHMAH SAMBIRAMPAK LOR KOTAANYAR PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya kenyataan bahwa prestasi belajar siswa MI Nurur Rahmah Kelas IV Mata Pelajaran Fiqih kategori rendah, oleh karena itu ditawarkan model quantum teaching dengan harapan prestasi siswa meningkat.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan model Quantum teaching dalam meningkatkan prestasi belajar mata pembelajaran Fiqih kelas IV di MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo? 2. Bagaimana peningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor dengan menggunakan model Quantum teaching.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan yaitu Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, butir soal, dan lembar wawancara. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV MI Nurur Rahmah dengan jumlah siswa 10, perempuan sebanyak 7 siswa dan laki-laki sebanyak 3 siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan dua siklus dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Penerapan pembelajaran model Quantum Teaching pada siswa kelas IV MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo telah dilaksanakan dengan sangat baik. Dapat dilihat pada hasil observasi yang telah dilaksanakan dengan menggunakan model quantum teaching, setiap langkah-langkahnya dalam model quantum teaching telah dilakukan dengan sangat baik. 2. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada materi zakat mata pelajaran fiqih kelas IV MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor. Hal ini ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa, dari dua siklus yang dilaksanakan, yaitu siklus I rata-rata prestasi belajar adalah 78 ( Cukup Baik ) dan siklus II rata-rata prestasi belajar siswa adalah 90 ( Sangat Baik ). Tingkat ketuntasan belajar (50%) pada siklus I dan siklus II (90%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Sihabuddin, M.Pd.I
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, KurniawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: prestasi belajar, quantum teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 20 Apr 2015 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item