FA'ALIYAH THARIQAH HIFDZ AL MUFRADAT FI TA'LIM TARKIZ 'ALA 'AMALIYA AL DIMAGH AL AIMAN" (RIGHT BRAIN ACTIVATION) LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI AL LUGHAH AL 'ARABIYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL ISLAMIYAH "IMAM SYAFI'I" BENOWO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfan, Jainuri Didik (2013) FA'ALIYAH THARIQAH HIFDZ AL MUFRADAT FI TA'LIM TARKIZ 'ALA 'AMALIYA AL DIMAGH AL AIMAN" (RIGHT BRAIN ACTIVATION) LITARQIYAH MAHARAH AL KALAM FI AL LUGHAH AL 'ARABIYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL ISLAMIYAH "IMAM SYAFI'I" BENOWO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak..pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

MA Imam Syafii adalah salah satu sekolah formal yang ada diwilayah Surabaya Utara yakni tepatnya didaerah benowo, dan masih eksis semenjak berdiri hingga sekarang ini. Selain itu menjadi ciri khas dari MA Imam Syafii ini dalam pembelajaran bahasa arab yang menggunakan metode hafalan. Karena dengan metode ini siswa dituntut untuk lebih aktif dalam memperkaya kosa kata sehingga memudahkan siswa untuk mengkomunikasikan bahasa arab secara aktif.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan metode hafalan mufrodat dalam pendidikan berbasis aktivasi otak kanan untuk meningkatkan maharoh kalam dalam bahasa arab siswa madrasah aliyah Imam Syafii Benowo Surabaya Jawa Timur tahun ajaran 2013-2014.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan beberapa metode yaitu observasi, interview, dokumentasi, angket dan tes. Setelah mendapatkan data penulis kemudian menganalisisnya sesuai dengan jenis datanyadengan menggunakan rumus prosentaseuntuk mengetahui efektivitas penerapan metode hafalan mufrodat dalam pendidikan berbasis aktivasi otak kanan untuk meningkatkan maharoh kalam dalam bahasa arab siswa madrasah aliyah Imam Syafii Benowo Surabaya Adapun obyek yang dipilih adalah Madrasah. Sedangkan dalam teknik analisis datanya, penulis menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Sedangkan obyek yang dipilih adalah kelas X dan XI.
Setelah menganalisis data-data tersebut, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan metode hafalan mempunyai efektifitas dalam melatih komunikasi dalam bahasa arab siswa Madrasah Aliyah Imam Syafii Benowo Surabaya. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistic yang menggunakan rumus Product Moment menghasilkan angka 0, 0,6746 Yang ternyata lebih besar dari r. tabel 0.404 maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu adanya hubungan yang kuat antara penggunaan Metode hafalan mufrodat terhadap keterampilan berbicara bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Syaifullah Ashary
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfan, Jainuri DidikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Hafalan Mufrodat; Aktivasi Otak Kanan; Maharoh Kalam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 22 Apr 2015 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item