This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aslikhah, Aslikhah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MAHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUL HIKMAH NGARJO MOJOANYAR MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif type STAD adalah merupakan salah satu type pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4-5 orang siswa secara heterogen.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah:
a. Bagaimanakah Hasil Belajar IPA kelas IV Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan di MI Roudlotul Hikmah Ngarjo Mojoanyar Mojokerto sebelum diterapankan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD ?
b. Bagamana penerapan Model Pembelajaran Kooperatid Type STAD dalam meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan pada Siswa IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo Mojoanyar Mojokerto ?
c. Bagaimana peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan pada Siswa kelas IV MI Roudlotul Hikamh Ngarjo Mojoanyar Mojokerto melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui Hasil Belajar IPA kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo Mojoanyar Mojokerto sebelum diterapankan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD, b.Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatid Type STAD pada Siswa IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo Mojoanyar Mojokerto, c. Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV MI Roudlotul Hikamh Ngarjo Mojoanyar Mojokerto melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo Mojoanyar Mojokerto. Data yang diperoleh berupa hasil tes ujian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari data hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar 61,9 % pada siklus I menjadi 85,7 % pada siklus kedua Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mahfudh Sholahuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD; Hasil Belajar; Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2015 02:09 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2015 02:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
View Item |