Gaya retorika da’i pada ceramah ba’da dhuhur di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imansari, Nitra Galih (2016) Gaya retorika da’i pada ceramah ba’da dhuhur di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Gaya retorika seseorang dalam menyampaikan dakwah tentunya berbeda-beda. Baik dalam gaya bahasa, gaya gerak tubuh, maupun gaya suara. Gaya retorika da’i tentunya sangat berpengaruh sebagai penunjang kesuksesan dakwah. Maka akan sangat menarik jika peneliti menganalisis gaya retorika da’i pada ceramah ba’da Dhuhur di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya yang mengadakan rutinitas ceramah ba’da Dhuhur dengan da’i yang berbeda disetiap harinya. Maka penelitian ini ingin menjawab bagaimana gaya retorika da’i pada ceramah ba’da dhuhur di Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Gaya retorika yang dimaksud meliputi gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh. Adapun subjek penelitian ini dipilih dua da’i yaitu Ustadz Drs. H. M. Munir mansyur, M.Ag dan Ustadz Dr. H. Achmad Zuhdi Dh, M. Fil. I.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kualitatif dengan fokus pada gaya retorika yang meliputi gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan oleh peneliti secara langsung, wawancara, dan dokumentasi berupa rekaman video da’i saat berceramah. Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik analisa model Miles dan Huberman. Setelah data dikumpulkan lalu direduksi, kemudian disajikan dan disimpulkan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya retorika yang digunakan kedua tersebut memiliki kesamaan. Gaya bahasa yang digunakan da’i tersebut memuat unsur kejujuran, sopan santun dan menarik. Kedua da’i terebut menggunakan gaya bahasa percakapan dalam pemilihan bahasa berdasarkan pilihan kata sedangkan berdasarkan nada kedua da’i tersebut menggunakan gaya bahasa sederhana dan berdasarkan struktur kalimat yang digunakan beliau menggunakan bahasa klimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi yang meliputi anafora dan epistrofora. Begitu juga dengan gaya suara, Beliau sangat memperhatikan intonasi suaranya, pitch, kerasnya suara, kecepatan, irama, penekanan, dan peletakan jeda, kemudian diperkuat dengan gerak tubuh dengan menggunakan kontak mata, gerakan tangan, menjaga penampilan dan pakaian, serta sikap badan saat berceramahBerdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, rekomendasi untuk penelitian berikutnya adalah dilakukan penelitian mendalam terhadap masing-masing gaya retorika mengenai gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imansari, Nitra GalihNitragalih@gmail.comB31212054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Keywords: Dakwah; retorika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Imansari Nitra Galih
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:31
Last Modified: 13 Jan 2020 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item