Peningkatan kemampuan mengubah puisi menjadi prosa dengan metode demonstrasi pada siswa Kelas VI MI Islamiyah Sambipondok Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichwan, Ichwan (2014) Peningkatan kemampuan mengubah puisi menjadi prosa dengan metode demonstrasi pada siswa Kelas VI MI Islamiyah Sambipondok Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengubah puisi menjadi prosa pada siswa kelas VI di MI Islamiyah Sambipondok Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VI MI. Islamiyah Sambipondok Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Dengan jumlah siswa 15. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia KD. mengubah puisi menjadi prosa penelitian ini dilakukan dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat dijelaskan bahwa; hasil peningkatan kemampuan mengubah puisi menjadi prosa dari siklus I prestasi siswa masih rendah karena dibawa KKM yaitu rata-rata kelas mencapai 40%. Pada siklus II rata-rata kelas mencapai 85% sudah termasuk kreteria baik dan pada siklus ke III kemampuan mengubah puisi menjadi prosa 100% dari KKM yang ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengubah puisi menjadi prosa siswa Kelas VI Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sambipondok Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2014/2015.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichwan, Ichwan--D57213278
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Puisi; Prosa; Metode Demonstrasi; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2015 07:23
Last Modified: 10 Feb 2020 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item