Representasi jihad bela negara dalam film Jenderal Soedirman (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Rico (2016) Representasi jihad bela negara dalam film Jenderal Soedirman (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah : Bagaimana makna konotatif jihad bela negara dalam film “Jenderal Soedirman”? dan Bagaimana makna denotatif jihad bela negara dalam film “Jenderal Soedirman”? Film adalah alat komunikasi massa yang mengoperasikan lambang-lambang komunikasinya dalam bentuk bayangan hidup di atas bayangan putih, hal ini dilakukan atas bantuan proyektor, sedangkan filmnya sendiri adalah rentetan foto di atas seloid. Film mempunyai kelebihan bermain ada sisi emosi penonton dan mempunyai pengaruh yang lebih tajam untuk memainkan emosi penonton, film hadir dalam bentuk penglihatan dan pendengaran, dengan penglihatan dan pendengaran inilah penonton dapat melihat langsung nilai-nilai yang terkandung dalam film.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan menggunakan teknik konotasi dan denotasi dalam mengungkapkan sebuah makna dari jihad bela negara dalam film “Jenderal Soedirman”. Sedangkan unit analisis dalam penelitian ini adalah dialog yang dilakukan pemeran, serta ilustrasi musik dalam film “Jenderal Soedirman”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penanda (signifier) dan petanda (signified) jihad bela negara dalam film “Jenderal Soedirman” dan untuk mendeskripsikan makna penanda (signifier) dan petanda (signified) jihad bela negara dalam film “Jenderal Soedirman”, baik pendeskripsian dari makna konotasi ataupun makna denotasi dalam analisis semiotika Roland Barthes.
Dari hasil penelitian ini ditentukan bahwa: (1) penanda dan petanda yang ada dalam film “Jenderal Soedirman” yaitu, dialog tokoh Jenderal Soedirman dengan para tokoh dalam film, latar tempat dimana Jenderal Soedirman berada, dan suara dalam film, (2) adanya ucapan, pemikiran, semangat juang, dan keberanian dalam membela tanah air Indonesia. Membela tanah air merupakan jihad bela negara untuk melindungi hak-hak rakyat, agar terciptanya kehidupan yang aman dan sejahtera. Jihad juga merupakan perintah dalam al-Qur’an terutama dalam membela negara dan menegakkan ayat-ayat Allah. Peneliti memberikan saran kepada pembaca agar meneladani apa yang telah dicontohkan Jenderal Soedirman dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Rico--B51212058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Jihad
Sejarah
Keywords: Jihad; Bela Negara; Film; Semoitika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arifin Rico
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:02
Last Modified: 13 Jan 2020 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item