Implementasi Financial Inclusion (Keuangan Inklusif) Bagi Masyarakat Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya : Studi Kasus di BMT Amanah Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nur (2016) Implementasi Financial Inclusion (Keuangan Inklusif) Bagi Masyarakat Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya : Studi Kasus di BMT Amanah Ummah Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul “Implementasi Financial Inclusion (Keuangan Inklusif) Bagi Masyarakat Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya (Kasus di KJKS BMT Amanah Ummah Surabaya). Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang 1) Bagaimana Upaya KJKS BMT Amanah Ummah dalam melaksanakan Financial Inclusion (Keuangan Inklusif) bagi Masyarakat Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. 2) Bagaimana Implementasi Financial Inclusion (Keuangan Inklusif) bagi Masyarakat Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola berfikir induktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama upaya dalam pelaksanaan financial inclusion (keuangan inklusif) masih belum memberikan kemudahan dalam syarat dan ketentuan pembiayaan, kurangnya inovasi produk, pelayanan rama dan sopan, selain itu lokasi kantor dekat dengan masyarakat serta mudah dijangkau, pemasaran dengan menggunakan sistem jemput bola. Pembahasan dalam skripsi ini menghasilkan analisis bahwa KJKS BMT Amanah Ummah salah satu lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan financial inclusion (keuangan inklusif). Syarat dan ketentuan tabungan dirasa mudah oleh nasabah, tapi dalam hal pembiayaan syarat dan ketentuan masih dirasa rumit dan terlalu banyak persyaratan. Selain itu produk kurang berinovasi serta belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat kelas bawah dan kurangnya memberikan edukasi bagi masyarakat. Letak lokasi kantor mudah dijangkau oleh masyarakat karah. Sistem komunikasi pemasaran menggunakan sistem jemput bola. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka proses pelaksanaan financial inclusion (keuangan inklusif) masih belum maksimal sesuai dengan indikator keuangan inklusif. Dari hasil di atas, maka dapat pula disarankan untuk KJKS BMT Amanah Ummah memberikan edukasi pengetahuan tentang jasa dan produk guna meningkatkan minat menabung masyarakat serta mempermudah syarat pembiayaan, serta perlu dilakukan studi lebih lanjut tentang indikator keuangan inklusif karena terdapat indikasi ketidakmerataan penggunaan informasi jasa dan produk keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurnurhidayah150592@gmail.comC34211145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Keuangan Islam
Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayah Nur
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:16
Last Modified: 05 Dec 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13034

Actions (login required)

View Item View Item