This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Akmaliyah, Mashubatul (2016) Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMP Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Flow akademik adalah kondisi dimana individu merasa nyaman, dapat berkonsentrasi, memiliki motivasi dalam diri, serta mampu menikmati aktivitas akademik yang sedang dijalani. Self efficacy adalah keyakinan yang ada dalam diri seseorang bahwa individu tersebut mempunyai kemampuan untuk menentukan perilaku yang tepat sehingga dapat mencapai keberhasilan seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi. Self efficacy diakui sebagai penggerak yang mendorong aktivitas belajar seseorang hingga mengalami kondisi flow. Penelitian ini memiliki variabel bebas dan variabel terikat yaitu self efficacy dan flow akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala self efficacy dan skala flow akademik yang disusun penulis sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian berjumlah 24 orang siswa akselerasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi p = 0.000 < 0.05 dan r = 0.886 > 0.423 artinya Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi. Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dipahami bahwa korelasinya bersifat positif menunjukkan adanya hubungan yang searah, artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin tingi pula flow akademik pada siswa akselerasi. Siswa akselerasi dengan self efficacy yang tinggi maka mereka mampu mengontrol perilaku untuk mempertahankan usaha dalam mengerjakan tugas sehingga mereka akan mudah mencapai kondisi flow akademik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Psikologi Psikologi Belajar Psikologi > Psikologi Islam |
||||||||
Keywords: | Self efficacy; flow akademik; akselerasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Akmaliyah Mashubatul | ||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2016 03:34 | ||||||||
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13205 |
Actions (login required)
View Item |