I'DAD AL KITAB AL TA'LIMY LI MADAH AL NAHW LI TANMIYAH MAHARAH AL QIRAAH : BAHTS TATHWIR FI MADRASAH MUTAWASITHAH AL KIS LI AL SHAFF AL TSANY

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Nur Cholis Agus (2016) I'DAD AL KITAB AL TA'LIMY LI MADAH AL NAHW LI TANMIYAH MAHARAH AL QIRAAH : BAHTS TATHWIR FI MADRASAH MUTAWASITHAH AL KIS LI AL SHAFF AL TSANY. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Problem pembelajaran bahasa Arab khususnya materi nahwu di lembaga pendidikan pondok pesantren ek Kisi, khususnya jenjang SMP menghadapi berbagai macam problem. Problem yang paling menonjol yang harus segera diselesaikan adalah ketidak adanya buku pembelajaran nahwu yang sesuai dengan jenjang dan tingkatan peserta didik, kitab nahwu yang dipakai untuk pembelajaran adalah kitab nahwu mukhtarot, kitab ini disusun oleh ustadz Aunur Rafiq dari Gresik dan digunakan untuk mengajar siswa tingkat menengah atas, akan tetapi di SMP el Kisi kitab ini digunakan untuk tingkat menengah pertama. Maka sebab itu untuk mengatasi permasalahan ini penulis menyusun buku pembelajaran nahwau yang sesuai dengan tingkatan mereka, dan dalam penulisannya penulis menggunakan metode istiqroiyah, penulis juga menyertakan kosa kata baru sebelum masuk kepada pembelajaran kaidah, dan untuk menguji keberhasilan dari penulisan buku ini penulis melakukan penelitian dengan model penelitian dan pengembangan (R&D), instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket, setelah menyusun buku pembelajaran nahwu ini, melakukan uji coba dan menganalisis data, peneliti mendapat kesimpulan : 1) Buku pembelajaran nahwu ini mendapat penilaian dari pakar ahli sebesar 85,7 % itu artunya buku ini cocok dan layak digunakan untuk pembelajaran, 2) Buku pembelajaran ini sangat efektif dalam memahamkan kaidah nahwu kepada siswa dan meningkatkan kemampuan membaca mereka, hal ini didasari hasil dari pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan sesuai dengan hasil perhitungan rumus ‘t’ berikut : 2,05 2,77 Perhitungan tersebut diperkuat oleh hasil dari angket yang disebarkan kepada responden, respondet yang menyatakan setujuh bahwa buku pembelajaran Nahwu mampu meningkatkan kemampuan membaca berada pada 76 %-100% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Nur Cholis Aguselcholis88@gmail.comF16213226
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, BurhanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Buku pembelajaran; keterampilan membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:38
Last Modified: 02 Dec 2022 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item