ANALISIS BUKU TEKS Al QUR’AN HADIS KURIKULUM 2013 KELAS XI MADRASAH ALIYAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Mokhammad Ainul (2016) ANALISIS BUKU TEKS Al QUR’AN HADIS KURIKULUM 2013 KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan sumber pembelajaran utama untuk mencapai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti. Namun dalam realitanya, buku teks al-Qur’an-Hadis kelas XI Madrasah Aliyah yang disusun oleh kementerian Agama dan diterbitkan oleh direktorat pendidikan Madrasah dan direktorat Jenderal Pendidikan Islam, di pandang kurang efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apa sajakah ayat-ayat al-Qur’an yang menjadi materi buku teks al-Qur’an-Hadis Madrasah Aliyah kelas XI?; 2) Apa sajakah hadis-hadis yang menjadi materi buku teks al-Qur’an-Hadis Madrasah Aliyah kelas XI?; 3) Bagaimanakah takhrij al-hadith pada buku teks al-Qur’an-Hadis kelas XI Madrasah Aliyah?; 4) Bagaimanakah kualitas sanad dan matan hadis-hadis pada buku teks al-Qur’an-Hadis kelas XI Madrasah Aliyah; 5) Bagaimanakah pemahaman ayat-ayat al-Qur’an (fiqh al-Ayat) dan Hadis-hadis (fiqh al-Hadith) pada buku teks kelas XI Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian dalam al-Qur’an pada buku teks al-Qur’an Hadis yang mengacu pada metode tafsi@r tahlily. Sedangkan pendekatan penelitian dalam hadis pada buku teks al-Qur’an Hadis, peneliti menggunakan penelitian hadith secara parsial. Kemudian hasil penelitian pada penelitian ini adalah Pertama, bahwa Ayat-ayat al-Qur’an yang menjadi materi buku teks al-Qur’an hadis kelas XI Madarasah Aliyah adalah QS. al-Isra’ [17] : 23-24, QS. Luqman [31] : 13-17, QS. QS. al-Isra’ [17] : 32 dan QS. al-Nur [24] : 2, al-Anfal [8] : 72, QS al-Hujurat [49] : 12 dan QS al-Hujurat [49] : 10, QS. al-Kafirun [109] : 1-6; QS. Yunus [10] : 40-41; QS. al-Kahfi [18] : 29; QS. al-Hujurat [49] : 10-13;. QS. al-Taubah [9] : 122; QS. al-Mujadalah [58] : 11. Kedua, penelusuran pada hadis-hadis yang menjadi materi buku teks al-Qur’an hadis dapat diperoleh informasi bahwa unsur-unsur hadis-hadis tersebut tidaklah lengkap. Ketiga, penelitian sanad dan matan hadis pada buku teks al-Qur’an hadis diperoleh hasil bahwa semua hadis pada materi al-Qur’an hadis kelas XI Aliyah adalah berkualitas sahih, kecuali pada hadis yang ditakhrij oleh Ibnu Majah tentang hadis menuntut ilmu dan menyampaikan kepada manusia adalah berkualitas daif. Keempat, untuk memahami ayat-ayat yang menjadi materi buku teks al-Qur’an hadis kelas XI Aliyah maka diperlukan menjelaskan korelasi (munasabah) baik antara ayat satu dengan ayat lain atau surah satu dengan surah yang lain. 2) menjelaskan sebab-sebab turunnya ayat (asbab al-Nuzul). 3) menganalisis mufradat (kosakata) yang pokok-pokok dari sudut pandang kaidah-kaidah bahasa Arab dan penjelasan ayat-ayat al-Qur’an. Sedangkan untuk memahami hadis-hadis pada buku teks al-Qur’an hadis dapat dipahami dengan pendekatan tekstual dan kontekstual hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Mokhammad Ainulainul84yaqin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Al Qur'an
Hadis
Buku
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yaqin Mokhammad Ainul
Date Deposited: 28 Nov 2016 08:04
Last Modified: 14 Dec 2022 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item