STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI: STUDI KOMPARASI KBIH BRYAN MAKKAH DAN KBIH TAKHOBBAR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosadi, Mochammad Ali (2013) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI: STUDI KOMPARASI KBIH BRYAN MAKKAH DAN KBIH TAKHOBBAR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penilitian ini adalah Bagaimana Strategi pemasaran KBIH Bryan Makkah dan KBIH Takhobbar Surabaya? Apa saja persamaan dan perbedaan strategi pemasaran KBIH Bryan Makkah dan KBIH Takhobbar Surabaya?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain.
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang hanya menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi atau berbagai variabel. Yakni menggambarkan atau menguraikan bagaimana strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji dalam merekrut calon jamaah haji pada KBIH Bryan Makkah dan KBIH Takhobbar Surabaya. Adapun sumber data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan proses berfikir induktif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Strategi pemasaran yang dipakai oleh KBIH Bryan Makkah Surabaya adalah menggunakan media cetak dan elektronik, terdapat pembimbing wanita, word of mouth (mulut ke mulut), lokasi yang strategis, ketokohan pembimbing, dan pelayanan yang baik. Sedangkan, Strategi pemasaran yang dipakai oleh KBIH Takhobbar Surabaya adalah pelayanan yang baik, lokasi strategis, word of mouth (mulut ke mulut), media cetak dan elektronik, dan program tarwiyah.
Terdapat persamaan dan perbedaan strategi pemasaran antara KBIH Bryan Makkah dan KBIH Takhobbar, persamaan strategi pemasarannya adalah melalui media cetak dan media elektronik, word of mouth ( mulut ke mulut), lokasi yang strategis, pelayanan yang baik terhadap jamaah haji.
Sedangkan perbedaan strategi pemasarannya adalah KBIH Bryan Makkah menggunakan strategi pemasaran melaui ketokohan pembimbingnya, sedangkan KBIH Takhobbar tidak. KBIH Bryan Makkah ada pembimbing wanita, sedangkan KBIH Takhobbar tidak. KBIH Takhobbar memakai pembimbingan dengan program Tarwiyah, sedangkan KBIH Bryan Makkah tidak.
Mengingat betapa pentingnya strategi pemasaran dalam menarik minat konsumen terhadap KBIH, maka alangkah baiknya penulis memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi kedua KBIH, baik itu KBIH Bryan Makkah dan KBIH Takhobbar Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Isa Anshori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosadi, Mochammad AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Keywords: Strategi Pemasaran; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2015 02:34
Last Modified: 27 Mar 2015 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item