IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTION NOTES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI IPA SISWA KELAS IV MIN BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahidah, Nurmala (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTION NOTES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI IPA SISWA KELAS IV MIN BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah karena banyak ditemukan siswa kelas IV MIN Buduran yang tidak memahami materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat pada pembelajaran tematik dikarenakan salah satu penyebabnya ialah penggunaan strategi pembelajaran yang monoton, kurang efisien dan tidak mengacu dalam pengkajian dan pemahaman konseptual materi IPA yang dipelajari. Kemudian peneliti melakukan pengkajian ulang ilmu dan teori pembelajaran tematik dan karakteristik pembelajaran IPA sehingga ditemukan strategi baru dalam mata pelajaran ini khususnya untuk meningkatkan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat yakni dengan menggunakan strategi Question Notes.Kemudian muncul sebuah rumusan masalah yakni tentang bagaimana peningkatan pemahaman konseptual siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo dalam materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat dengan penerapan strategi Question Notes?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat siswa kelas IV MI Buduran Sidoarjo dengan penerapan strategi Question Notes. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 komponen yang berisi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diambil langsung dari obyek penelitian yakni siswa kelas IV MIN Buduran, Sidoarjo dengan jumlah 31 anak dalam satu kelas. Cara pengambilan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara kualitatif dengan metode kertas pena dan tes tulis.Hasil penelitian setelah melakukan siklus I dan II menunjukkan bahwa strategi Question Notes dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas IV MIN Buduran Sidoarjo terhadap materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat dengan prosentase kenaikan ketuntasan belajar siswa sebanyak 38,64 %, data ini diperoleh dari perbandingan data siklus I dengan data siklus II, dalam siklus pertama tercatat prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45,16 % dan setelah dilakukan siklus kedua tercatat kenaikan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83,8 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Question Notes dapat meningkatkan pemahaman materi IPA tentang hubungan sumber daya alam, lingkungan, teknologi dan masyarakat pada siswa kelas IV MIN Buduran, Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahidah, Nurmalanurmala.sahidah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Pemahaman Konseptual; Karakteritik Pembelajaran IPA; Strategi Question Notes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sahidah Nurmala
Date Deposited: 27 Feb 2017 01:41
Last Modified: 27 Feb 2017 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15606

Actions (login required)

View Item View Item