PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS X DI SMK TAMAN PENDIDIKAN ISLAM GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janah, Miftakhul (2017) PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS X DI SMK TAMAN PENDIDIKAN ISLAM GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Bimbingan konseling di sekolah mempunyai peranan yang begitu penting demi mengoptimalkan proses pembelajaran dan perkembangan dalam Self Control siswa. Salah satu cara agar guru BK bisa membantu siswa dalam mengontrol sikap serta perilaku dan pengendalian diri yang baik yaitu dengan melakukan pendekatan kepada siswa agar siswa merasa nyaman serta terbuka kepada guru BK (konselor) dan mencari sumber permasalahan yang dihadapi siswa. Serta mengadakan layanan bimbingan kelompok dikelas dengan memberikan nasehat dan motivasi kepada siswa.Untuk itu di samping orang tua, konselor di sekolah juga mempunyai peranan penting dalam membantu remaja untuk mengatasi kesulitanya, keterbukaan hati konselor dalam membantu kesulitan remaja, akan menjadikan remaja sadar akan sikap dan tingkah lakunya yang kurang baik.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru BK dalam meningkatkan Self Control siswa sekaligus untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat terhadap peran guru BK dalam meningkatkan Self Control tersebut. Dan penelitian ini dilakukan kepada satu orang guru BK dan siswa SMK TPI Gedangan-Sidoarjo sebagai informan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumenter untuk membentuk Self Control siswa di SMK TPI Gedangan. Subjek ada beberapa orang siswa kelas X TPM I yang memiliki Self Control kurang baik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa peran guru BK dalam meningkatkan Self Control siswa di SMK TPI Gedangan adalah dengan pemberian layanan bimbingan konseling, dan pendekatan kepada siswa secara keseluruhan, peran yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dirasakan sudah cukup baik. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru BK dipengaruhi dengan latar belakang pendidikan guru BK yang sudah sesuai. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Self Control siswa adalah faktor lingkungan sekitar dan pergaulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janah, Miftakhulmethamecca@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Janah Miftakhul
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:52
Last Modified: 28 Feb 2017 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item