MEMBANGUN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI TENGAH KULTUR MEDIA ONLINE : STUDI KASUS BEBERAPA FAKULTAS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Ayu Kumala (2017) MEMBANGUN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI TENGAH KULTUR MEDIA ONLINE : STUDI KASUS BEBERAPA FAKULTAS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap fenomena media online dikalangan mahasiswa, khususnya di UIN Sunan Ampel Surabaya. Fenomena penggunaan media online menjalar ke seluruh kampus dan merubah pola pikir serta kebudayaan mahasiswa saat ini. Media online sangat melekat dalam kehidupan mahasiswa, khususnya dalam bidang pendidikannya, sehingga mahasiswa tidak bisa lepas dari yang namanya media online, karena media online memberikan manfaat yang luar biasa bagi mereka, termasuk dalam prestasi belajarnya. Oleh karena itu, masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana fungsi media online dalam membangun prestasi belajar mahasiswa, strategi mahasiswa dalam membangun prestasi belajar ditengah kultur media online, serta dampak media online dalam membangun prestasi belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dilakukan pemeriksaan keabsahannya, lalu dilakukan penyajian sekaligus analisis data sebelum dilakukan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena penggunaan media online dalam membangun prestasi belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. Dari penarikan kesimpulan yang diperoleh, ada beberapa fungsi media online dalam membangun prestasi belajar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, diantaranya yaitu sarana untuk mencari informasi, untuk berbagi/ sharing, berkomunikasi, perpustakaan online, mencari referensi, serta untuk berdiskusi. Keseluruhan fungsi tersebut tentunya tergantung pada masing-masing mahasiswa dalam penggunaan media online–nya. Selain itu mahasiswa juga memiliki beberapa strategi dalam menggunakan media online untuk membangun prestasi belajarnya, diantaranya yaitu: sering-sering membaca pengetahuan atau informasi yang bermanfaat, selalu update informasi atau berita, mengambil sisi positif dari media online, tidak melakukan copaste, pintar-pintar memilih informasi yang benar (terpercaya), mengedepankan masalah pendidikan, menggunakan media online dengan bijak, memanfaatkan media online untuk berdiskusi, serta memanfaatkan youtube untuk sumber belajar. Selanjutnya media online juga memberikan dampak positif dan negatif bagi mahasiswa. Dampak positifnya yaitu: mempermudah aktivitas mahasiswa, media aspirasi mahasiswa, menjadi sarana perpustakaan, membantu mahasiswa dalam mencari solusi, serta meningkatkan nilai IPK. Sedangkan dampak negatifnya yaitu: mahasiswa menjadi malas, mahasiswa menjadi lupa waktu, seta menurunkan nilai IPK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Ayu Kumalaayukumala8498@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sari Ayu Kumala
Date Deposited: 28 Feb 2017 03:04
Last Modified: 28 Feb 2017 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item View Item