Peningkatan pemahaman fikih materi shalat id dengan menggunakan strategi domino pada kelas IV MI Darussalam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silvia, Nike (2017) Peningkatan pemahaman fikih materi shalat id dengan menggunakan strategi domino pada kelas IV MI Darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan pemahaman yang kurang tersebut dipicu dengan siswa yang bosan dan kurang aktif sehingga guru saat menjelaskan siswa kurang memahami materi. Maka perlu ditetapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan membuat suasana kelas yang pasif menjadi aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Strategi Domino dalam rangka meningkatkan pemahaman Materi Sholat ID Mata Pelajaran Fikih Pada Kelas IV MI Darussalam Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman Materi Sholat ID Mata pelajaran Fikih setelah diterapkannya Strategi Domino Pada Kelas IV MI Darussalam Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang dipereoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. data tes tulis siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penerapan strategi domino pada pembelajaran Fikih materi shalat id kelas IV MI Darussalam Sidoarjo telah berjalan dengan baik antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I pengamatan aktivitas guru mendapatkan skor 52 dengan prosentase 72,2% termasuk kategori Tinggi dan pengamatan siswa mendapatkan skor 28 dengan prosentase 63,6% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II pengamatan aktivitas guru mendapat 62 skor dengan prosentase 86,1% dengan kategori sangat tinggi dan pengamatan aktivitas siswa mendapat skor 36 dengan prosentase 81,8% dengan kategori sangat tinggi (2) Terdapat peningkatan pemahaman siswa pada matei shalat Id mata pelajaran Fikih kelas IV Mi Darussalam Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75 dengan prosentase sebesar 62,5% dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 87,5 dengan prosentase 87,5% dengan kategori sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silvia, Nikenike.silvia95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi domino; pemahaman materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvia Nike
Date Deposited: 03 May 2017 03:36
Last Modified: 22 Aug 2017 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item View Item