This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rochmatin, Erlinda (2017) Peningkatan pemahaman materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS melalui strategi College Ball di kelas V MI al Azhar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus dari 27 siswa kelas V 12 siswa yang tuntas dalam tes. Penyebabnya adalah karena materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia termasuk materi yang membutuhkan banyak penjelasan sehingga cenderung membuat siswa segan belajar dan merasa bosan. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan strategi college ball. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi college ball dalam meningkatkan pemahaman materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas V MI Al Azhar Surabaya, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Al Azhar Surabaya setelah diterapkan strategi college ball.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 27 siswa kelas V MI Al Azhar Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis butir soal tes pemahaman siswa, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, serta dokumentasi.Hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi college ball pada mata pelajaran IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia terhadap aktivitas pembelajaran di kelas V MI Al Azhar Surabaya tergolong baik. Skor aktivitas guru 77,63 pada siklus I menjadi 88,15 pada siklus II. Skor aktivitas siswa 71,05 pada siklus I menjadi 85,52 di siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V MI Al Azhar Surabaya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas 67,96 pada pra siklus, pada siklus I sebesar 76,96 naik menjadi 86 pada siklus II. Persentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 44,4% pada pra siklus, pada siklus I sebesar 66,6%, dan mencapai 92,59% pada siklus II
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | materi jenis usaha; kegiatan ekonomi; pelajaran IPS; Collecge Ball | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Rochmatin Erlinda | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 03:43 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 03:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16668 |
Actions (login required)
View Item |