Peningkatan pemahaman materi kenampakan alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui media poster di kelas IV SDN Balongdowo Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraena, Ella Resta (2017) Peningkatan pemahaman materi kenampakan alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui media poster di kelas IV SDN Balongdowo Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial materi kenampakan alam pada kelas IV SDN Balongdowo dikarenakan siswa malas untuk membaca buku bacaan, serta ketika guru menerangkan pelajaran siswa tidak memperhatikannya. Sehingga mereka kurang paham dan teliti ketika mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media poster guna untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media poster dalam meningkatkan pemahaman materi kenampakan alam pada mata pelajaran IPS di kelas IV-A SDN Balongdowo Candi Sidoarjo. 2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi kenampakan alam pada mata pelajaran IPS melalui media poster di kelas IV-A SDN Balongdowo Candi Sidoarjo. Dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam tiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu : 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (action), 3) Pengamatan (observation), 4) Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada tiap aspeknya. Dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) penerapan media poster dalam meningkatkan pemahaman materi kenampakan alam pada siswa kelas IV-A SDN Balongdowo dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 72,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Hasil aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. 2) tingkat pemahaman materi kenampakan alam melalui media poster pada siswa kelas IV-A SDN Balongdowo Candi Sidoarjo mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas pada pra siklus sebesar 40, kemudian mengalami peningkatan di siklus I menjadi 62 dan di siklus II meningkat menjadi 87. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 20,68%, lalu pada siklus I meningkat menjadi 37,93%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Pada penelitian ini telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraena, Ella Restamuslimahsholeha23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pemahaman; Materi Kenampakan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggraena Ella Resta
Date Deposited: 03 May 2017 04:16
Last Modified: 23 Aug 2017 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16678

Actions (login required)

View Item View Item