PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Septi Putri (2014) PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik. Kemendikbud (2013) memberikan konsepsi tersendiri bahwa pendekatan ilmiah atau saintifik dalam pembelajarannya di dalamnya mencakup komponen: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan. Perangkat pembelajaran kurikulum 2013 sudah banyak tersedia di sekolah. Kegiatan pendekatan saintifik pun sudah tertera pada perangkat pembelajaran tersebut. Namun, pada realisasinya kegiatan tersebut masih ada yang tidak terlaksana. Hal tersebut disebabkan karena kurang terorganisir waktu dengan baik. Dalam pendekatan saintifik ada 3 model pembelajaran yang digunakan yaitu model discovery learning, model project learning, dan model Problem Based Learning (PBL). Pada penelitian ini peneliti memilih model PBL karena model PBL mudah diterapkan pada lingkungan sekolah. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning pada materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahap. Kelima tahap tersebut adalah tahap (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementasi, dan (E)valuation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 34 siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui empat cara, yaitu metode kuesioner, observasi, tes, dan data validasi ahli. Metode kuasioner untuk mengetahui respon guru dan siswa. Metode observasi untuk mengetahui penilaian sikap dan
keterampilan (hasil belajar). Metode tes untuk mengetahui penilaian pengetahuan. Data validasi ahli untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran dari para ahli.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Perangkat pembelajaran pendekatan saintifik dengan model PBL pada materi trigonometri dapat dikatakan berkualitas karena memenuhi ketiga kriteria kualitas perangkat pembelajaran yaitu valid,
praktis, dan efektif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Septi PutriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL); Pendekatan Saintifik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:36
Last Modified: 10 Apr 2015 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item