This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abidin, Zainal (2000) Aktualisasi diri guru dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran: tinjauan psikologis dengan pendekatan teori aktualisasi diri Abraham Harold Maslow. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (690kB) |
||
Text
Bab 2.pdf Download (973kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (920kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (184kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) |
Abstract
Dalam upayanya untuk berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru tidak hanya ditutunt mahir dalam ilmu pengetahuan tersebut, tetapi juga ia harus mahir dalam merumuskan tujuan pembelajaran, baik itu tujuan pembelajran umum (TIU) maupun tujuan pembelajaran khsusus (TIK). Berhasil dan tidaknya suatu pembelajaran dapat dilihat melalui tercapainya tujuan pembelajaran khusus. Bila tujuan pembelajaran khusus saja tidak tercapai, maka sudah barang tentu tujuan pembelajaran umum juga tidak tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui konsep aktualisasi diri menurut Abraham Harold Maslow. Untuk mengetahui profil guru yang sukses dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran. Dan untuk mengetahui implikasi teori aktualisasi diri Abraham Harold Maslow pada proses pencapaian tujuan pembelajaran. Dari hasil pembahasan disimpulkan diantaranya bahwa menurut Abraham Harold Maslow bahwa self actualization concept (konsep aktualisasi diri) adalah hasrat individu untuk menjadi orang yang sesuai dengan keinginan dan potensi yang dimilikinya. Atau, hasrat individu untuk menyempurnakan segenap potensi yang dimilikinya. Profil guru yang sukses atau berhasil dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran, ialah ketika dalam mengajar ia dapat menunjukkan kapabilitasnya (kemampuan merumuskan tujuan, kemampuan menguasai bahan, mengelola program pembelajaran dan kemampaunkemampuan lainnya) dengan baik kepada subjek belajar sehingga tujuan-tujuan yang telah dirumuskan, baik TIK (Tujuan Instruksional Khusus) maupun TIU (Tujuan Instruksinal Umum)-nya dapat dicapai dengan baik oleh anak didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Profesionalisme Guru | ||||||
Keywords: | Tujuan pembelajaran; teori aktualisasi diri; Abraham Harold Maslow | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2017 03:41 | ||||||
Last Modified: | 08 Dec 2017 14:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17584 |
Actions (login required)
View Item |