Fa'aliyah istikhdam aflam al-kartun al-arabiy litarqiyah maharah kalam litalamidz al-fashl al-asyir bil madrasah al Tsanawiyah al-Islamiyah al Hukumiyah 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Shohihatuz (2017) Fa'aliyah istikhdam aflam al-kartun al-arabiy litarqiyah maharah kalam litalamidz al-fashl al-asyir bil madrasah al Tsanawiyah al-Islamiyah al Hukumiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (879kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa memiliki empat ketrampilan,ia adalah : ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca dan ketrampilan menulis. Dan semua itu diperlukan belajar dan usaha untuk memperolehnya. Berbicara adalah salah satu keterampilan ke-bahasa-an yang diperlukan perhatian dalam mempelajari dan memperolehnya, karena ia yang sering digunakan dalam komunikasi sosial pada anak manusia dalam memenuhi hajat yang terkait dengan perkara dunia dan akhirat. Dalam kehidupan sosial, berbicara menjadi media atau alat untuk saling bertukar pikiran dan pendapat dengan menggunakan suara dalam mengungkapkan apa saja yang terlintas dalam hati mereka. Dan agar sebuah pembicaraan menjadi efektif dan tepat sasaran sehingga dapat dipahami oleh setiap yang mendengarkannya pada setiap tema pembicaraan, maka diperlukan pembelajaran bahasa secara efektif dan tepat sasaran. Berdasarkan pada pengamatan peneliti di kelas 10 MAN 1 Sidoarjo, maka peneliti menemukan bahwa ketrampilan bicara pada siswa tersebut masih rendah, sehingga diperlukan upaya dan kesungguhan seorang pengajar bahasa khususnya dalam memperbaiki dan mengembangkan kemampuan tersebut dan secara umum bagi siapa saja yang berkompeten dalam hal itu. Ada beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab diantaranya adalah rendahya minat belajar siswa terhadap bahasa arab, rendahnya tingkat perhatian guru pada aspek perbedaan kemampuan individu siswa, metode pembelajaran yang ada kurang efektif, dan tidak adanya media yang menyenangkan yang mampu mengatasi kejenuhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing. Adapun tujuan penelitian ini untuk menyingkap beberapa masalah diantaranya adalah respon siswa dalam penggunaan film kartun arab yang ia merupakan model dalam bidang pembelajaran bahasa arab. Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan film kartun pada otak siswa dalam meningkatkan ketrampilan bicara bahasa arab mereka. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan bentuk penelitiannya berua penelitian tinakan kelas (class room reached). Dan adapun sumber data diambil dari guru bahasa arab, siswa kelas 10 MAN 1 Sidoarjo dan kepala sekolah MAN 1 Sidoarjo. Dan adapun alat pengumpul data adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan dokumentasi lapangan. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: observasi, wawancara,dan tes pra tindakan dan setelah tindakan. Dan adapun analisa data dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut, mengumpulkan data,mengklasifikasikan data, memaparkan data, dan menganalisa serta menafsirkannya. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: sesungguhnya penggunaan film kartun arab dalam peningkatan keterampilan bicara bahasa arab pada siswa kelas 10 MAN 1 sidoarjo berjalan secara efektif, karena dengan itu dapat mengatasi permasalahan pembelajaran seperti yang disebutkan diatas. Dan denganya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara sebagai mana yang telah tergambarkan dalam hasil tes akhir siswa, setelah dilakukan perbandingan dengan tes pra tindakan tentu di sana terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya dalam peningkatan kemampuan tersebut, diantaranya adalah tempat pembelajarannya nyaman, adanya latihan latihan bicara dan percakapan, memberikan kesempatan yang besar bagi siswa dalam mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka. Desain aktivitas pembelajaran yang beragam sesuai dengan keperluan. Adanya perhatian siswa dalam menyaksikan film kartun dan melaksanakan segala kewajiban belajar. Adapun usulan dari peneliti sebagai berikut: hendaknya seorang guru bahasa arab mempraktekan penggunaan film kartun dalam aktivitas belajar di kelas, hendaknya seorang guru memberikan kesempatan yang besar bagi siswa agar melatih bicara. Dan untuk sekolah tempat peneliti melakukan penelitian, hendaknya menjadikan film kartun arab sebagai model dalam proses pembelajaran bahasa arab dan hendaknya ia juga memperhatikan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa arab. Akhirnya peneliti yakin bahwa dalam penelitian ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan, untuk itu diharapkan kepada siapa saja yang membaca risalah ini dapat kiranya menyempurnakannya dengan melaksanakan penelitian sebagaimana yang dilakukan peneliti

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Shohihatuzshohihatuzzahro@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Aflam al kartun al arabi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahro Shohihatuz
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:03
Last Modified: 11 Aug 2017 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item