This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wachid, Rachmad Nur (2017) Pengaruh pemberian hukuman terhadap pembentukan akhlaq peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (586kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (656kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (715kB) |
Abstract
Peserta didik yang nakal disekolah hanya dianggap sebagai pengisi waktu saja dari pada kesepian di rumah tidak ada teman. Peserta didik yang berpendapat demikian akan menjadi penghalang terhadap kemajuan belajar dirinya sendiri mapun teman-temannya. Akibatnya mereka yang melanggar peraturan di sekolah dan mendapat hukuman atau sanksi. Hukuman sendiri di sekolah dibuat bukan sebagai pembalasan, tetapi dibuat untuk memperbaiki peserta didik yang dihukum dan melindungi pesera didik lain dari kesalahan yang sama. Oleh karenanya diperlukan pendidikan yang baik untuk membentuk akhlak siswa, diantaranya melalui penerapan dari hukuman sebagai alat pendidikan agar terdapat efek jera. Penelitian ini dilatar belakangi karena akhlak adalah kunci utama untuk menjadi insan kamil. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemberian Hukuman di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo? (2) Bagaimana pembentukan Akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh Pemberian Hukuman terhadap Pembentukan Akhlaq peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo? Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Kuesioner dan Interview sebagai instrumen pengumpulan data primer dan teknik dokumentasi sebagai instrument pengumpulan data sekunder. Sedangkan analisis data menggunakan teknik prosentase untuk data yang bersifat deskriptif dan teknik Regresi Linier untuk data yang bersifat kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberian hukuman di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tergolong baik. (2) Pembentukan akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tergolong baik. (3) Hasil perhitungan Regresi Linier diperoleh angka yang nilainya tersebut menunjukkan lebih besar dari Harga Kritik Regresi Linier baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 %, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Pemberian hukuman terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo sebesar 5,7 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Akhlak |
||||||
Keywords: | Pemberian hukuman; akhlaq peserta didik | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | RACHMAD NUR WACHID | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 08:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19409 |
Actions (login required)
View Item |