Hubungan hasil evaluasi belajar pendidikan Aqidah Akhlaq dengan perilaku siswa MTs. Hasyim Asyari Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Deni (2012) Hubungan hasil evaluasi belajar pendidikan Aqidah Akhlaq dengan perilaku siswa MTs. Hasyim Asyari Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20218

Abstract

Tingkat pemahaman peserta didik dapat diketahui dengan adanya evaluasi, semakin tinggi hasil evaluasi pembelajaran maka semakin tinggi pemahamannya. Pemahaman terhadap suatu mata pelajaran akan berpengaruh terhadap perubahan tingkah laku seseorang terutama pendidikan Aqidah Akhlaq yang bertujuan untuk untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kasus peserta didik madrasah dalam bidang mata pelajaran Aqidah Akhlaq yang memperoleh nilai evaluasi tinggi tetapi dalam kehidupan sehari-hari perilakunya tidak mencerminkan nilai-nilai islam, yang mana pend idikan agama tidak hanya memberikan pengctahuan kepada peserta didik tetapi juga dapat merubah perilaku peserta didik serta dapat mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu hal ini perlu untuk dikaji apakah ada hubungan antara hasil evaluasi belajar pendidikan Aqidah Akhlaq dan perilaku peserta didik MTs. Hasyim Asy' ari Sukodono Sidoarjo. Evaluasi adalah proses yang menentukan kondisi, dimana satu tujuan telah dapat dicapai, tujuan yang dimaksud adalah tujuan pembelajaran. hasil evaluasi belajar adalah sesuatu yang diperoleh dari kegiatan pengukuran tujuan pendidikan oleh guru kepada peserta didik. Hasil dari evaluasi pembelajaran antara lain adalah Grade atau nilai. perilaku adalah semua aktivitas manusia untuk mencapai suatu tujuan agar kebutuhan itu, baik lahir maupun batin dapat terpenuhi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Data penclitian ini diperoleh dari dokumentasi yang berupa nilai basil evaluasi pendidikan Aqidah Akhlaq yang menjadi variabcl x dan dari angket untuk memperoleh data tentang perilaku peserta didik yang menjadi variabel y dengan menggunakan ana]isis prosentase dan product moment. Penelitian ini dilakukan di MTs. Hasyim Asy' ari, yang menjadi sampel adalah kelas VII-B yaitu berjumlah 34 pescrta didik. Nilai rata-rata dari 34 peserta didik kelas VII-B adalah 72,3. Dari hasil angket perilaku peserta didik yang berupa data kualitatif dirubah menjadi data kuantitatif sehingga memperoleh prosentasc jawaban ya 43,38%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara hasil evaluasi belajar pendidikan Aqidah Akhlaq dengan perilaku peserta didik di MTs. Hasyim Asy'ari, hal itu dibuktikan dari hasil analisis Product Moment yang menunjukkan nilai 0,72716 yang berarti ada hubungan yang signifikan dan tergolong kuat antara hasil evaluasi belajar pendidikan Aqidah Akhlaq dengan perilaku peserta didik.Sedangkan untuk hasil evaluasi belajar pcndidikan aqidah akhlaq pese11a didik MTs. Hasyim Asy' ari tergolong tidak baik, hal itu dibuktikan dari hasi l proscntase n i lai diatas rata-rata 72,3 kurang dari 40% yaitu sebcsar 29,4%. Begitu juga dengan pcri laku peserta didik MTs. Hasyim Asy'ari dapat disimpulkan tergolong kurang baik karena prosentasenya berada pada rentang 40 % - 55 % yaitu sebesar 43,38 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Deni--D01208184
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Hasil evaluasi belajar; Aqidah Akhlaq; perilaku siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 06:35
Last Modified: 08 Oct 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20218

Actions (login required)

View Item View Item