This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Prasetyo, Eri (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan berpikir matematis rogorous (RMT) pada materi bangun ruang di kelas VIIIc MTs N 1 Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
Bab 6.pdf Download (163kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) |
Abstract
Karakteristik pendekatan berpikir matematis rigorous (RMT) yaitu adanya teori Sosiokultural Vygotsky dan teori Mediated Leaming Experience (MLE). Teori Sosiokultural Vygotsky yang mengidentifikasi adanya tiga kelompok mediator dalam interaksi siswa dengan lingkungannya,meliputi mediator fisik, mediator alat simbolis, dan mediator manusia. Teori Mediated Leaming Experience (MLE) memiliki tiga ciri yang barns dibadirkan yaitu mediasi intensionalitas dan timbal balik, mediasi transedensi, clan mediasi makna. Selain itu di dalam pendekatan berpikir matematis rigorous (RMT) terdapat tiga level fungsi kognitif yang diperlukan untuk berpikir matematis rigorous ( RMT) meliputi level berpikir kualitatif, level berpikir kuantitatif dengan ketepatan, dan level berpikir relasional abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga menjadi model 3-D, yang terdiri dari: tahap Pendefinisian (define), tabap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs. N 1 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: kevalidan RPP berkategori valid (3,42) dan kevalidan LKS berkategori valid (3,71). Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan penilaian para ahli yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan hasil penilaian aktivitas siswa (55), keterlaksanaan pembelajaran (3,20), dan respon siswa setelah berakhirnya pembelajaran (85,3%). Berdasarkan pemaparan diatas, maka perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan RMT memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pendekatan berpikir matematis rigorous | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 01:49 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2017 01:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20443 |
Actions (login required)
View Item |