Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan strategi ARIAS (Assurance Relevance Interest Assesment dan Satisfaction) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Lutfiyah (2012) Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan strategi ARIAS (Assurance Relevance Interest Assesment dan Satisfaction) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (835kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Untuk menerapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dan strategi ARIAS, maka diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan fase­ fase pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan komponen-komponen strategi ARIAS. Oleh karena itu, perlu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dan strategi ARIAS pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe jigsaw dan strategi ARIAS pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development). Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (3,6), kevalidan buku siswa berkategori valid (3,7), kevalidan LKS berkategori valid (3,4), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (96% terlaksana dengan kategori penilaian baik 3,3), respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan basil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, LutfiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Kooperatif; Jigsaw; strategi ARIAS; sistem persamaan linier dua variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:24
Last Modified: 02 Oct 2017 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

View Item View Item