This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indarwati, Dona Suci (2012) Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kriteria Watson di kelas VIIIa SMP Yayasan Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (85kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (875kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (84kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (85kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
Abstract
Belajar matematika dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Peniecahan masalah dalam matematika sekolah biasanya dlwujudkan melalui soal cerita. Hingga saat ini, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih cukup rendah. Metode analisis kesalahan Watson merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan penyelesaian soal cerita matematika. Tinjauan klasifikasi kesalahan berdasarkan kriteria Watson digunakan 8 kategori yaitu: Data tidak tepat (innapropiate data) disingkat id, Data hilang (ommited data) disingkat od, Kesimpulan hilang (ommited conclusion) disingkat oc, konflik level respon (response level conjlick) disingkat rlc, Manipulasi langsung (undered manipulation) disingkat um, Masalah hirarki ketrampilan (skii/s hierarchy problem) disingkat shp, selain ke-7 kategori di atas (above other) disingkat ao. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif Pengambilan subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIIIA SMP Yayasan Taman semester 1, tahun ·ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Terdiri dari 8 kategori kesalahan yakni Data tidak tepat, Prosedur tidak tepat, Data hilang, Kesimpulan hilang, Konflik level respon), Manipulasi tidak langsung,Masalah hirarkhi keterampilan, Selain ketujuh kategori di. Adapun faktor penyebab kesalahan tersebut yakni kurang teliti, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak bisa menerima penjelasan dari guru dalam keadaan kelas yang tidak terkondisikan, kurang bisa mengatur waktu dengan baik, kurang serius mengikuti pelajaran yang diberikan guru, kurang dapat menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal, kurang memahami soal, kurang memahami materi,.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Kesalahan; Soal Cerita Matematika; kriteria watson | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:11 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2017 08:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20459 |
Actions (login required)
View Item |