Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ta’miriyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Agustina Nur Indah (2010) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ta’miriyah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (958kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20647

Abstract

Penelitian ini menjawab beberapa pertanyaan penting berikut ini, diantaranya, 1) bagaimanakah implementasi pembelajaran PAI di kelas 3 SMP Ta’miriyah Surabaya?, 2) faktor apasajakah yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran PAI SMP Ta’miriyah Surabaya?, dan 3) Bagaimanakah dampak positif dan efektivitas implementasi pembelajaran PAI di SMP Ta’miriyah Surabaya? Untuk menjawab masalah penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan Field Reserch (penelitian lapangan). Melalui penelitian ini terjawab, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam Kelas 3 SMP di SMP Ta’miriyah Surabaya, meliputi: active learning, the accelerated learning, quantum learning dan sebagainya. Dengan tujuan agar supaya pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menggairahkan siswa kelas 3 SMP Ta’miriyah Surabaya. Sehingga, mempermudah pemahaman dan pengamalan dalam proses pembelajaran bagi guru maupun peserta didik. Beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI diantaranya adalah: pertama, dukungan guru yang berkualitas, memadai dan berlatarbelakang pendidikan agama islam. Kedua, dukungan finansial. SMP Ta’miriyah Surabaya ini secara fmansial cukup baik, sehingga mampu membiayai program yang akan dilaksanakan. Ketiga, prasarana dan sarana yang mendukung, seperti adanya audio-visual tiap kelas, sehingga guru agama bisa menampilkan berbagai film-film yang bemuansa Islam, setiap minggu juga selalu diterbitkan bulletin Islam untuk siswa. Sementara faktor penghambat atau kendala-kendala yang dihadapi selama implementasi pembelajaran PAI SMP Ta’miriyah Surabaya adalah minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih kurang memadai menyebabkan guru harus membagi waktu dan berusaha keras untuk bisa memenuhi kuota kelas. Karena dari 8 guru agama yang ada di SMP harus mengajar 26 kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 SMP Ta’miriyah Surabaya. Sedangkan kekurangan tenaga guru agama, biasanya dari pihak manajemen SMP Ta’miriyah Surabaya mengambil gum dengan latarbelakang bukan agama untuk mengajar. Dampak positif implementasi pembelajaran PAI, yaitu tingginya semangat siswa dalam pembelajaran dan dalam metode pembelajaran yang diberikan guru agama, siswa dapat aktif dan percaya diri dalam pembelajaran PAI. Sedangkan efektivitas pelaksanaan pembelajaran PAI sangat dirasakan oleh gum maupun peserta didik. Dampak yang dihasilkan dari pelaksanaan pembelajaran PAI ini dirasakan lebih berdampak positif. Dikatakan berdampak positif karena dalam pembelajaran PAI ini, guru dan peserta didik dituntut lebih kreatif dan imajinatif dalam mengemas materi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Agustina Nur Indah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; PAI; active learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:39
Last Modified: 04 Oct 2018 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20647

Actions (login required)

View Item View Item