Upaya Kepala Sekolah dalam memberdayakan Perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Ulfa (2010) Upaya Kepala Sekolah dalam memberdayakan Perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya. Sebagaimana diketahui, kepala sekolah merupakan pimpinan organisasi sekolah. Selaku pemimpin, kepala sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu tugas kepala sekolah yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan adalah pemberdayaan perpustakaan. Dengan adanya pemberdayaan perpustakaan diharapkan para siswa, guru dan staf sekolah dapat memanfaatkan perpustakaan sebagaimana mestinya karena pada kenyataannya keberadaan perpustakaan sekolah belum berfungsi secara optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana fungsi dan peran kepala SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya? 2.) Bagaimana pengelolaan perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya? 3.) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya? Penelitian ini adalah tergolong penelitian populasi untulc memperoleh data penelitian dipergunakan tiga tehnik pengumpulan data, yaitu wawancara., observasi, dan dokumentasi. Tehnik tersebut digunakan sesuai dengan sifat data yang dicari. Untulc menganalisis data penelitian digunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif dan SWOT. Dari hasil penelitian diketahui, bahwa peran dan fungsi kepala SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya sudah bisa berjalan dengan baik sesuai dengan peran dan tanggungjawabnya sebagai kepala sekolah. Dan pengelolaan perpustakaan di SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya mulai dari pengelolaan koleksinya hingga pelayanan pegawai perpustakaannya juga dapat dibilang cukup baik. Dalam memberdayakan perpustakaan kepala SD K. Abdullah Ubaid III Surabaya telah dengan maksimal mengupayakan pemberdayaan perpustakaan di lembaga yang dipimpinnya. Pemberdayaan tersebut diarahkan melalui kebijakan struktur organisasi perpustakaan yang bagus dan jelas, penataan kondisi ruang perpustakaan, menambah pengadaan buku pelajaran dan non pelajaran, mensosialisasikan kepada para siswa agar wajib memiliki kartu tanda anggota (KTA) perpustakaan. Dengan demikian dapat dikatakan semua komponen organisasi perpustakaan digunakan kepala sekolah untuk program pemberdayaan perpustakaan. Adapun faktor penunjang dalam mengupayakan pemberdayaan perpustakaan adalah kondisi lembaga yang cukup siap dan motivasi serta dedikasi pegawai perpustakaan dan guru yang cukup tinggi. Dan faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan adalah adanya SDM guru dan pegawai perpustakaan yang masih memerlukan pembinaan secara mendasar tentang perpustakaan, dan tidak adanya jaringan kerja sama dengan instansi atau lembaga penyokong dana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, UlfaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Perpustakaan
Pemberdayaan
Keywords: Kepala Sekolah; Perpustakaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:09
Last Modified: 17 Oct 2017 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item