This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putra, Masykur Bally (2009) Efektifitas pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (811kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Efektifitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 13 Surabaya ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 13 Surabaya, bagaimana hasil belajar siswa di SMP Negeri 13 Surabaya dan bagaimana Efektifitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 13 Surabaya? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, mean dan rumus uji-t (t-test) agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 13 Surabaya dalam prosesnya menunjukkan dapat beijalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan persentase menunjukkan antara 76%-100%. Dan peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 13 Surabaya setelah adanya pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil belajar siswa yang cukup. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan persentase pada per-item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 76%-100% dengan kriteria baik. Mengenai rata-rata hasil belajar siswa pada semester I tahun ajaran 2007-2008 Sebelum Pelaksanaan Program Bimbingan (Bimbingan Belajar) menunjukkan mean yang cukup baik sebesar 75. Dan pada rata-rata hasil belajar siswa pada semester II tahun ajaran 2007-2008 Setelah Pelaksanaan Program Bimbingan (Bimbingan Belajar) menunjukkan peningkatan mean yang baik sebesar 76. Sedangkan dalam efektifitas pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 13 Surabaya mempunyai efektifitas (Usaha menunjukkan taraf suatu tujuan) yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan dari hasil penghitungan uji-t yang diperoleh adalah 2,5 dan pada hasil tes signifikasi dalam tabel kritik t di dapat harga kritik 1,980 untuk taraf kepercayaan 95% dan 2,617 untuk taraf kepercayaan 99% Dengan mengkonsultasikan pada harga kritik, temyata t hasil penghitungan jauh lebih besar dari pada harga kritiknya, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%. Maka hipotesis keijanya diterima, dan penulis dapat membuat kesimpulan dari penelitian yaitu ada perbedaan efektifitas antara pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Bimbingan dan konseling; hasil belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2017 08:09 | ||||||
Last Modified: | 31 Oct 2017 08:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20909 |
Actions (login required)
View Item |