Tinjauan hukum pidana Islam terhadap amar putusan nomor 623/Pid.sus/2016/PN.Mlg tentang tindak pidana eksploitasi ekonomi kepada anak: analisis putusan Pengadilan Negeri Malang nomor 623/Pid.Sus/2016/PN. Mlg

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Fara Atika (2017) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap amar putusan nomor 623/Pid.sus/2016/PN.Mlg tentang tindak pidana eksploitasi ekonomi kepada anak: analisis putusan Pengadilan Negeri Malang nomor 623/Pid.Sus/2016/PN. Mlg. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (25MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan berjudul“ Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Pengadilan Negeri Amar Putusan Nomor (623/PID.SUS/2016/PN.Mlg) Terhadap Tindak Pidana Eksplotasi Ekonomi Kepada Anak (Analisis Putusan Pengadilan Negeri Malang Nomor 623/Pid.Sus/2016/Pn. Mlg)”. Merupakan hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu bagaimana pertimbangan hukum terhadap putusan Pengadilan Malang Nomor 623/Pid. Sus/2016/PN.Mlg Tentang Eksploitasi Ekonomi Kepada Anak dan bagaimana tinjauan hukum pidana islam terhadap pertimbangan hakim dalam putusan Nomor 623/Pid. Sus/2016/PN.Mlg tentang Eksploitasi Ekonomi Kepada Anak.Data penelitian yang dihimpun adalah bahan data hukum primer dan bahan data hukum sekunder, yang dihimpun melalui pengumpulan data literatur dan dokumentasi yang selanjutnya akan dianalisis secara menggunakan teknik deskriptif analisis, yaitu dengan cara yang memamaparkan data dengan jelas dalam hal ini data yang terkait dengan putusan Pngadilan Negeri Malang 623/Pid.Sus/2016/PN.Mlg tentang Eksploitasi Ekonomi Kepada Anak, kemudian dianalisis dengan konsep hukum pidana islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hakim menjatuhkan hukuman tidak sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Anak dengan pasal 88 UUPA dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dan hakim hanya setuju dengan Pasal yang dikenakan namun, hakim tidak setuju dengan masa hukumannya. Hakim dalam penjatuhan hukuman yang telah mempertimbangkan hukuman kepada terdakwa belum sesuai dengan kadar kesalahan dan berpatokan pada penjatuhan hukuman dengan menerapkan unsur edukatif atau pendidikan yang tertuang dalam amar putusan perkara Nomor 623/Pid.Sus/2016/PN.Mlg tentang Eksploitasi Ekonomi Kepada Anak dengan menjatuhkan pidana penjara 3(tiga) bulan dan 15(lima belas) hari. Hal ini dalam pandangan hukum pidana islam termasuk perbuatan dusta dengan hukuman berupa takzir. Penerapan hukuman takzir pada tindak pidana eksploitasi ekonomi kepada anak pada putusan Pengadilan Negeri Malang dirasa sesuai jika diterapkan dalam konteks pidana islam, karena takzir merupakan hukuman yang dijatuhkan serta besar kecilnya ditentukan ulil amri. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka hakim sebagai penguasa dalam penjahtuhan hukuman yang diberikan pelaku pada eksploitasi ekonomi kepada anak. Disarankan: pertama,tindak hakim dalam memutus suatu perkara hendaknya tidak memeperhatikan dari segi yuridis saja, akan tetapi dariaspek sosiologis juga dasar pertimbangan hakim agar hakim dalam memutuskan suatu perkara tidak hanya mengedepankan efek jera namun juga memuat unsur edukatif bagi pelaku tindak pidana. Kedua, hakim dalam menangani suatu perkara harus bersifat aktif dan efektif, karena segala perbuatan yang dilakukan pasti akan dimintai pertanggung jawaban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Fara Atikaatikafara_fitria@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Ekonomi
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Hukum pidana Islam; eksploitasi ekonomi; anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fitria Atika Fara
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:44
Last Modified: 17 Nov 2017 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item