This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
TUL I’ANA, SITI AMALIYA (2015) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR : STUDI KASUS SISWA X KELAS VIII B SMP BINA BANGSA SIWALANKERTO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (900kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (356kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan motivasi yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan keseluruhan penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dalam mencapai satu tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Bina Bangsa Siwalankerto Surabaya. Dengan menggunakan
metode penelitian kualitatif single subjek desain. Instrumen pengumpul data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh melalui observasi
dapat dikatakan bahwa siswa kurang adanya motivasi pada dirinya, kurangnya kasih sayang dari orang tua yang membuat anak malas untuk sekolah. Materi pelajaran jarang diperhatikan oleh X karena tidak adanya motivasi belajar, jarang masuk sekolah, sering membuat kelas menjadi gaduh. Dari hasil wawancara dengan orangorang yang bersangkutan,
diperoleh data bahwa siswa mengalami perubahan perilaku
semenjak siswa tinggal bersama orang tuanya dan akibat perlakuan keras dari ayahnya. Dampak yang terjadi disekolah siswa sering tidak masuk sekolah, sering melanggar tata tertib, dan malas untuk belajar adalah hal yang paling utama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami masalah prestasi belajar dan keaktifan untuk masuk sekolah. Namun setelah dilakukan konseling behavioral dengan teknik
pemberian reward dan punishment siswa menalami perubahan. Siswa lebih rajin untuk sekolah. Diharapkan agar lingkungan siswa agar selalu mengontrol dan memberi perhatian terhadap siswa “X”, untuk menjadikan siswa yang rajin
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Drs. Taufiq Subty,M.Pd.I | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Motivasi Belajar |
||||||
Keywords: | Konseling Behavioral; Reward; Punishment | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Users 274 not found. | ||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2015 03:37 | ||||||
Last Modified: | 18 Aug 2015 03:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2191 |
Actions (login required)
View Item |