KONSTRUKSI IDENTITAS FANS KLUB SEPAK BOLA : STUDI KASUS INTER CLUB INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijal, Ahmad Syaifur (2014) KONSTRUKSI IDENTITAS FANS KLUB SEPAK BOLA : STUDI KASUS INTER CLUB INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas identitas fans klub sepak bola Inter Milan. Inter Milan merupakan klub papan atas Eropa yang memiliki banyak fans di Indonesia. Penelitian ini melihat
proses pembentukan identitas fans yang kemudian mendapat peneguhan lewat identitas sosial di komunitas Inter Club Indonesia (ICI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis dengan memakai teori konstruksi sosial dan identitas sosial untuk mengetahui proses pembentukan identitas fans Inter Milan. Penelitian ini bersifat deskriptif mengingat data yang dikumpulkan berupa penjelasan dari narasumber yang dijadikan informan dan memakai metode studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi.
Hasil dari penelitian ini melihat bagaimana identitas yang terbentuk melalui proses ekternalisasi yakni melakukan aktivitas terkait sepak bola, objektivasi dengan menunjukkan sikap dan mental sebagai interisti dan internalisasi yakni dengan pengungkapan makna akan identitas interisti. Kemudian identitas sosial mereka terbentuk melalui proses kategorisasi yakni memahami dan mengidentifikasi komunitas. Lalu dilanjutkan identifikasi dengan mengadopsi identitas kelompok tersebut melalui interaksi secara terus menerus di antara sesama anggota akhirnya membentuk identitas baru sebagai anggota ICI. Terakhir adalah perbandingan sosial yakni membandingkan
kelompoknya dengan kelompok lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yusuf Amrozi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijal, Ahmad SyaifurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Identitas; Fans; Konstruksi Sosial; Identitas Sosial; Sepak Bola; Inter Milan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 03:14
Last Modified: 05 Feb 2015 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item