PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI AL HUDA KARDULUK SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathorrahman, Fathorrahman (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI AL HUDA KARDULUK SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada pokok bahasan في المد رسة (disekolah) yang dilaksanakan di MI Al Huda pada kelas V belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna. Dengan menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanakan media gambar melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa MI Al Huda Karduluk Sumenep.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1.Bagaimana penerapan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas V dengan Media Gambar di MI Al Huda Karduluk Sumenep? 2. Bagaimana peningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V MI Al Huda melalui Media Gambar?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui Media Gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas V MI Al Huda Karduluk Sumenep. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 77,98 sedangkan siklus II sebesar 85,59. ketuntasan tes lisan siklus I sebesar 73,91%, sedangkan siklus II sebesar 91,30%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali mudlofir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathorrahman, FathorrahmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan Berbicara Bahasa Arab; Media Gambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 07:35
Last Modified: 10 Nov 2015 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item