This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Musthofa, Musthofa (2014) ALTERNATIF MODEL PENDIDIKAN ISLAM : STUDI TENTANG SEKOLAH DOLAN DI MALANG DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Peneliti mengambil kedua sekolah informal, yaitu Sekolah Dolan dan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah ini sebagai objek penelitian karena fenomena pendidikan formal saat ini, stigmanya mulai menunjukkan tidak baik. Stigma negatif itu di antaranya, keberadaanya jauh dari sentuhan nilai-nilai Islami, banyak menyisakan berbagai persoalan serta kelemahan. Penelitian yang dilaksanakan ini bersifat penelitian lapangan atau kancah, dan penelitian kualitatif. Guna memperoleh data yang diinginkan maka peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan melalui dokumen-dokumen yang ada. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode editing dan organizing. Berbagai data yang telah diperoleh maka peneliti analisis secara verbal-deskriptif. Dua corak analisis yang peneliti gunakan yakni simultaneous cross sectional dan interpretasi data secara keseluruhan. Agar tidak mendapatkan kesimpulan sangat tentatif, kabur, dan diragukan, maka peneliti melakukan analisis verbal-verifikatif dan pengecekan trianggulasi. Selanjutnya ditemukan bahwa sekolah Dolan Malang dan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Salatiga dapat dijadikan model alternatif pendidikan Islam karena kegiatan proses pembelajarannya bernuansa Islami, mampu menyediakan pendidikan yang berkualitas dan bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, tidak menawarkan pendidikan yang mendikotomisasi ilmu pengetahuan dan bersifat universal, pengembangan pendidikan berbasis kebutuhan, mengembangkan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif secara bersamaan, menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang dewasa, siap menghadapi dan mejalani kehidupan, berakhlak karimah, beriman dan bertakwa kepada Allah
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Muhaimin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Pendidikan Informal; Sekolah Dolan; Komunitas Belajar; Qorryah Thoyyibah | ||||||
Divisions: | Program Doktor > Ilmu Keislaman | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2016 07:46 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2016 07:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
View Item |