ALTERNATIF MODEL PENDIDIKAN ISLAM : STUDI TENTANG SEKOLAH DOLAN DI MALANG DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Musthofa (2014) ALTERNATIF MODEL PENDIDIKAN ISLAM : STUDI TENTANG SEKOLAH DOLAN DI MALANG DAN KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengambil kedua sekolah informal, yaitu Sekolah Dolan dan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah ini sebagai objek penelitian karena fenomena pendidikan formal saat ini, stigmanya mulai menunjukkan tidak baik. Stigma negatif itu di antaranya, keberadaanya jauh dari sentuhan nilai-nilai Islami, banyak menyisakan berbagai persoalan serta kelemahan. Penelitian yang dilaksanakan ini bersifat penelitian lapangan atau kancah, dan penelitian kualitatif. Guna memperoleh data yang diinginkan maka peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan melalui dokumen-dokumen yang ada. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode editing dan organizing. Berbagai data yang telah diperoleh maka peneliti analisis secara verbal-deskriptif. Dua corak analisis yang peneliti gunakan yakni simultaneous cross sectional dan interpretasi data secara keseluruhan. Agar tidak mendapatkan kesimpulan sangat tentatif, kabur, dan diragukan, maka peneliti melakukan analisis verbal-verifikatif dan pengecekan trianggulasi. Selanjutnya ditemukan bahwa sekolah Dolan Malang dan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) Salatiga dapat dijadikan model alternatif pendidikan Islam karena kegiatan proses pembelajarannya bernuansa Islami, mampu menyediakan pendidikan yang berkualitas dan bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat, tidak menawarkan pendidikan yang mendikotomisasi ilmu pengetahuan dan bersifat universal, pengembangan pendidikan berbasis kebutuhan, mengembangkan aspek kognitif, psikomotorik dan afektif secara bersamaan, menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang dewasa, siap menghadapi dan mejalani kehidupan, berakhlak karimah, beriman dan bertakwa kepada Allah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Additional Information: Muhaimin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, MusthofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model Pembelajaran; Pendidikan Informal; Sekolah Dolan; Komunitas Belajar; Qorryah Thoyyibah
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2016 07:46
Last Modified: 11 Jan 2016 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item