تحليل الكتاب المقرر "المطالعة ٣" على تأليف محمود يونس لطلاب مدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان طوبان عند نظرية رشدي أحمد طعيمة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Farikhatul (2019) تحليل الكتاب المقرر "المطالعة ٣" على تأليف محمود يونس لطلاب مدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان طوبان عند نظرية رشدي أحمد طعيمة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farikhatul Auliya_D92214081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Analisis Bahan Ajar Muthola’ah “ 3 “ Karangan Mahmud Yunus untuk siswa MTs Assalam Bangilan-Tuban Menurut Teori Rushdi Ahmad Thuaimah” adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana isi Bahan Ajar Muthola’ah “ 3 ” Karangan Mahmud Yunus untuk Siswa MTs Assalam Bangilan-Tuban? 2. Bagaimana Kesesuaian Bahan Ajar Muthola’ah “ 3 ” Menurut Teori Rusdhi Ahmad Thuaimah? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa isi bahan ajar Muthola’ah terdiri dari kata sambutan, memiliki kosa kata sulit di setiap bab, materi pembelajaran terdiri dari 38 judul dan judul-judul dalam kitab terdiri dari 3 jenis, yaitu: percakapan, bacaan, dan lagu atau syair Arab. Adapun kesesuaian isi bahan ajar Muthola’ah “3” sebagian besar sesuai dengan teori Rushi Ahmad Thuaimah. Hal ini ditunjukkan pada aspek seleksi telah memenuhi keriterianya, diantaranya adalah kesesuaian identitas buku, output buku, karakteristik buku, dasar-dasar dalam mempersiapkan buku, bahasa yang digunakan buku, strategi pembelajaran, kemampuan bahasa, dll. Adapun aspek yang belum terpenuhi dalam bahan ajar Muthola’ah “3” seperti: tugas rumah (Pr), soal evaluasi, tidak menggunakan lughah wasithah (kata bantu), materi kepenulisan, materi nahwu, dan buku pegangan guru. Meskipun demikian bahan ajar Muthola’ah “3” layak menjadi bahan ajar dalam mempelajari bahasa Arab terlepas dari kekurangan bahan ajar tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Farikhatulauliyafarikha@gmail.comD92214081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, BaihaqiUNSPECIFIED197402202003121004
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED197606122008012027
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Evaluasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Auliya Farikhatul
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:30
Last Modified: 16 Aug 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35081

Actions (login required)

View Item View Item