PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS I PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN TUTUP BOTOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL KHOIRIYAH KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wanto, Sulis (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS I PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN TUTUP BOTOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL KHOIRIYAH KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Keterampilan siswa MI Miftahu Khoiriyah masih rendah pada operasi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika. Pengetahuan bilangan yang sering disampaikan
secara abstrak sering menyulitkan siswa memahami materi pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dicarikan media yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran dengan lebih kongkrit sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa. Peneliti ini berdasarkan permasalahan, apakah pembelajaran matematikan menggunakan Media Papan Tutup Botol
dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas I Mi Miftahul Khoiriyah tentang operasi penjumlahan dan pengurangan ?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan berhitung siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan media papan tutup botol. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Sasaran peneliti ini adalah siswa kelas I MI Miftahul Khoiriyah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan tahun ajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 85% siswa mengalami ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 60. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak (80%), siklus II (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media Papan Tutup Botol dapat meningkatkan keterampilan siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran matematika

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wanto, SulisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Keterampilan Siswa; Operasi Penjumlahan dan Pengurangan; Media; Papan; Tutup Botol
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 06:44
Last Modified: 29 Jun 2016 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item