PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERMAIN KARTU PADA MATERI KEBERSIHAN SISWA KELAS I MIN SUKOLILO LABANG KABUPATEN BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Agustiya (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERMAIN KARTU PADA MATERI KEBERSIHAN SISWA KELAS I MIN SUKOLILO LABANG KABUPATEN BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karenakan dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi oleh siswa yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar berbicara. Tak jarang siswa merasa jenuh, bosan, dan malas belajar hal ini disebabkan kurangnya media yang dipakai dalam belajar, kurangnya siswa di berikan kesempatan untuk maju kedepan. Ada dua hal yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini pertama, Bagaimana peningkatan motivasi belajar berbicara dengan menggunakan media bermain kartu pada materi kebersihan pada pelajaran bahasa indonesia di kelas I MIN Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan. Kedua, Bagaimana penerapan media bermain kartu pada materi kebersihan pada pelajaran bahasa indonesia di kelas I MIN Sukolilo Labang Kabupaten Bangkalan.
Dalam penelitian ini, media yang digunakan adalah media bermain kartu yang akan dapat menumbuhkan semanngat kreatifitas dan motivasi siswa dalam pemecahan masalah dan tidak ada lagi siswa yang malas, jenuh dan bosan dalam belajar, serta hasil belajar akan lebih baik. Untuk meningkatkan motivasi tak jarang guru memberikan semangat denganmemberikan pujian kepada siswa yang bisa mengerjakan tugas dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil tes akhir siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 70,5dari 24 siswa yang belum tuntas ada 4 siswa. Dalam persentase ketuntasan (83,34%). Kendala siswa yang belum tuntas adalah siswa kurang aktif bertanya apabila ada penjelasan guru yang belum dimengerti. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Hasil tes akhir siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 79,34, dari 24 siswa sudah tuntas semua dengan persentase ketuntasan (100%). Maka pada siklus II sudah cukup dan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, AgustiyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Motivasi belajar; Media bermain kartu.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 06:42
Last Modified: 19 Jan 2016 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item