PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PEMBAGIAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS II C MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, M.Taufiq (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PEMBAGIAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS II C MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran matematika, siswa mendapat nilai rendah. Hal ini disebabkan oleh kekeliruan dalam pembelajaran matematika, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah. Guru memberikan materi matematika pada awal pembelajaran secara langsung, diikuti dengan contoh penerapan dalam masalah lain. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PMRI. Penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung operasi pembagian pada siswa kelas II C di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buduran Sidoarjo.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan dua angka dengan pendekatan PMRI kelas II C Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buduran Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan dua angka dengan pendekatan PMRI kelas II C Madrasah Ibtidaiyah Negeri Buduran Sidoarjo.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi/pengamatan aktivitas pembelajaran di kelas, tes dan dokumentasi. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan data berupa narasi dan data berupa angka nilai rata-rata siswa. Dari data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif.
Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan berhitung operasi pembagian siswa kelas II C MI Negeri Buduran. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa nilai rata-rata tes kemampuan berhitung mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu 69,47 dan 79,02. Serta ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 52,63% dan 84,21%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlisha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, M.TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Kemampuan Berhitung Operasi Pembagian; Pendekatan PMRI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:25
Last Modified: 22 Jan 2016 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item