UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL JIGSAW (TIM AHLI) PADA SISWA KELAS VI DI MI BAHJATUSSHIBYAN PATUGURAN KECAMATAN REJOSO KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asror, Saiful (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL JIGSAW (TIM AHLI) PADA SISWA KELAS VI DI MI BAHJATUSSHIBYAN PATUGURAN KECAMATAN REJOSO KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Bahjatusshibyan dalah madrasah yang berada di bawah naungan yayasan pondok pesantren Fathul Lathif dengan kondisi alam pedesaan dan SDM yang tergolong rendah. Mereka lebih mengutamakan materi agama, sehingga materi umum seperti matematika kurang mendapat perhatian. Hal ini mengakibatkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Peneliti berupaya memberikan model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa yaitu dengan model pembelajaran jigsaw.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran jigsaw (Tim Ahli) di MI Bahjatusshib yan Patuguran Rejoso Pasuruan. 2) bagaimana peningkatan pemahaman dan motivasi belajar siswa di MI Bahjatusshibyan Patuguran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli).
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan metode PTK Kemmis dan Mc. Taggart dengan alur penelitian sbb; perencaan (planning), tindakan/pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Selanjutnya melakukan perencaan kembali untuk siklus berikutnya manakala masih diperlukan. Adapun setting penelitian ini bertempat di MI Bahjatusshobyan Patuguran Rejoso Pasuruan dengan jumlah siswa kelas VI sebanyak 15 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa; a) observasi, yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. b). dokumentasi, yaitu berupa daftar nilai pra siklus. c). Tes formatif, yaitu daftar nilai tes pada silus I dan siklus II. d).angket tentang motivasi siswa, yaitu angket pada saat setelah melakukan model pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli). Selanjutnya angket tersebut disekor untuk mengetahui motivasi tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data yaitu berupa hasil nilai rata rata siswa pada tes formatif setiap siklus dan ketuntasan belajar dalam satu kelas yang terukur pada indikator konerja. Adapun patokan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini yaitu, rata rata nilai tes formatif ≥ 60 dan ketuntasan kelas minimal 80%.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut; pembelajaran matematika dengan model Jigsaw (Tim Ahli) di MI Bahjatushibyan Patuguran Rejoso Pasuruan sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan model pembelajar Jigsaw (Tim Ahli) yang benar. Skor aktivitas guru dan siswa pada siklus I adalah 100 (sangat baik) dan pada siklus II juga 100 ( sangat baik). Pembelajaran matematika pada kelas VI semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 di MI Bahjatusshibyan Patuguran Rejoso Pasuruan mampu menjadikan siswa memiliki motivasi belajar dan mampu meningkatkan pemahaman siswa. Nilai rata rata hasil tes formatuf pada siklus I adalah 62, sedang pada siklus II adalah 67,4. Prosentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 46,6 % dan pada siklus ke II adalah 80% sehingga terdapat rentang peningkatan sebanyak 33,6%. Sedang siswa yang memiliki motivasi tinggi pada siklus I adalah 40% dan pada siklus II 60%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas tentang upaya meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika dengan model jigsaw (Tim Ahli) di MI Bahjatusshibyan Patuguran Rejoso Pasuruan ini adalah berhasil

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sihabuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asror, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Motivasi Belajar Matematika; Model Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:39
Last Modified: 22 Jan 2016 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item