PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA SEDOTAN PADA SISWA KELAS I MI DARUL ULUM MEDAENG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahah, Siti Nurul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA SEDOTAN PADA SISWA KELAS I MI DARUL ULUM MEDAENG. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil Dokumentasi di MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo yaitu siswa dalam melakukan opersi penjumlahan dan pengurangan masih perlu ditingkatkan, diduga siswa Madrasah belum dapat berfikir secara abstrak, maka digunakanlah peraga sedotan dalam penelitian ini, untuk mengkonkritkan suatu pembelajaran yang sifatnya abstrak. Sehingga diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajar dalam penjumlahan dan penurangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan peraga sedotan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IB MI Darul Ulum Medaeng? (2) Apakah dengan menggunakan peraga sedotan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas IB MI Darul Ulum Medaeng Kecamatan Waru Sidoarjo?
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), model Hopkins, dengan memadukan antara analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan prosentase KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo, sebanyak 25 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar dokumentasi, lembar observasi, dan tes butir soal essay.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Penerapan peraga sedotan untuk meningkatkan hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan kelas IB MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase observasi terhadap aktivitas guru pada siklus I sebesar 83,3% (Sangat Baik), siklus II sebesar 97,9% (Sangat Baik). Prosentase terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79,2% (Baik) dan pada siklus II sebesar 93,8 % (Sangat Baik). (2)Hasil belajar siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan peraga sedotan mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 76,4 (Baik) dengan prosentase KKM sebesar 72 % (Baik). Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 90,4 (Sangat Baik) dengan prosentase KKM sebesar 92 % (Sangat Baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahah, Siti NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Peraga Sedotan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:58
Last Modified: 22 Jan 2016 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3852

Actions (login required)

View Item View Item