SHOLAWAT DALAM PROGRAM TALKSHOW “Yuk Kita Sholawatan” (YKS) di TV9 (ANALISIS SEMIOTIK MODEL FERDINAND DE SAUSSURE)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Fitri Hajjah (2015) SHOLAWAT DALAM PROGRAM TALKSHOW “Yuk Kita Sholawatan” (YKS) di TV9 (ANALISIS SEMIOTIK MODEL FERDINAND DE SAUSSURE). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Talkshow Yuk Kita Sholawatan merupakan acara yang mempunyai format yang unik dengan inovasi yang baru setiap minggunya, seperti interaktif. Konten yang disajikan ada sholawatan, tausyiah dan juga komedi santri. Acara ini memiliki format yang tidak pasti, tetapi tujuannya tetap untuk mendidik. Format acaranya majelisan, jadi banyak sholawatan, ada waktunya guyonan juga. Tetapi yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang Shalawat Dalam Program Talkshow Yuk Kita Shalawatan (YKS) di TV9 (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Fokus penelitian yang digunakan peneliti sebagai kajian dalam penelitian skripsi ini adalah “Ingin merumuskan teori dakwah yang berangkat dari acara Yuk Kita Shalawatan di TV9?”
Untuk menjawab permasalaan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Dengan analisis data menggunakan analisis semiotik Ferdinand De Saussure.Sedangakan teknik penumpulan data, penulis menggunakan wawancara dengan responden syekhermania dan masyarakat yang jama’ah di masjid peneliti mengambil responden sebanyak 8 informan sudah termasuk dengan masyarakat yang jama’ah di masjid, dokumentasi dan observasi.
Data yang terkumpul kemudian dikorelasi dengan teori Ferdinand De Saussure. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Shalawat Dalam Program Talkshow Yuk Kita Sholawatan (TVS) di TV9 adalah Shalawat dalam program talkshow Yuk Kita Shalawatan (YKS) di TV9 dengan analisis semiotik Ferdinand De Sassure yakni: SIGNIFIER: Arti shalawat ialah pengampunan, pemuliaan, rahmat. Shalawat juga sebagai pujian. SIGNIFICANT: Penerapan shalawat oleh masyarakat yang jama’ah di masjid dengan mendzikirkan sebanyak yang dimampu. Ketika datang ke masjid dan ketika selesai shalat jum’at sambil berjabat tangan.Penerapan shalawat pada syekhermania dilakuakan disetiap aktivitas yang dilakuakan. Serta ketika waktu senggang disempatkan untuk bershalawat.KESIMPULAN: Shalawat merupakan pemuliaan atasnya yang diterapkan dimana saja dan ketika melakukan aktifitas apapun.
Karena keterbatasan peneliti masih banyaknya kekurangan dalam penelitian ini karena penelitian ini hanya membahas tentang “Makna Acara Talkshow YKS (Yuk Kita Sholawat) TV9 Bagi Syekhermania” maka, penelitian selanjutnya diharapkan membahas tentang pengaruh acara Talkshow YKS (Yuk Kita Sholawatan) terhadap Antusiasme bersholawat Syekhermania.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdullah Sattar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Fitri HajjahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Dakwah
Ilmu Komunikasi
Keywords: Shalawat; Program Talkshow YKS; Semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:34
Last Modified: 26 Jan 2016 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item