PERBEDAAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI TULIS DAN LISAN MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Nailil Himmatul (2015) PERBEDAAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI TULIS DAN LISAN MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah proses penyampaian makna dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui media tertentu. Dalam matematika menerima dan menyampaikan informasi bukan hal yang mudah. Hal ini disebabkan dari matematika yang sarat dengan istilah dan simbol. Karena itu, kemampuan komunikasi dalam matematika perlu dimiliki oleh setiap siswa. Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan model pembelajaran Resource Based Learning adalah model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematika siswa. Dengan model - model pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat melatih kemampuan komunikasi matematika sehingga siswa dapat memahami konsep konsep matematika dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dengan model pembelajaran Resource Based Learning pada materi perbandingan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data yang berbentuk ordinal sehingga perhitungannya menggunakan Mann-Whitney U-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Buduran Sidoarjo, dan sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII yaitu kelas VII-A dan VII-B. Kelas VII-A menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction sedangkan kelas VII-B menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning.
Hasil penelitian yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction adalah sebagai berikut dari 14 siswa memiliki kemampuan komunikasi tulis matematika rendah 4 siswa, sedang 5 siswa, dan tinggi 5 siswa. Untuk kemampuan komunikasi lisan matematikanya adalah rendah 3 siswa, sedang 5 siswa dan tinggi 6 siswa.Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning dari 17 siswa memiliki kemampuan komunikasi tulis matematika rendah 7 siswa, sedang 5 siswa dan tinggi 5 siswa. Untuk kemampuan komunikasi lisan matematika rendah 1 siswa, sedang 9 siswa dan tinggi 7 siswa. Untuk uji Mann-Whitney diperoleh perhitungan yang hasilnya menunjukkan bahwa harga U2 lebih kecil dari U1 yaitu 85 < 133. Dengan demikian yang digunakan untuk membandingkan dengan U tabel adalah U2 yang nilainya terkecil yaitu 85. Dengan melihat tabel uji mann-Whitney dengan taraf signifikansi α = 0,025 dengan n1 = 14 dan n2 = 17 maka diperoleh U tabel = 60. Ternyata harga U tabel lebih kecil dari U2 yaitu 60 < 85. Dengan demikian H1 ditolak dan H0 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning pada materi perbandingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Nailil HimmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Kemampuan Komunikasi; Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:59
Last Modified: 26 Jan 2016 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item View Item